Wuling Xing Guang, Bidik Segmen Sedan Premium Plug-in Hybrid

19 December 2023 | 3:49 pm | Rizky Dermawan

Brand otomotif Wuling bukan lagi nama baru di Indonesia. Pabrikan otomotif asal RRC ini baru saja memperkenalkan sebuah sedan sport bermesin plug-in hybrid di China yakni Wuling Xing Guang (Starlight).

Seperti apa mobil yang diproyeksikan sebagai rival Toyota Camry dan Honda Accord untuk pasar domestik China ini?

Sedan Aerodinamis

Soal desain bodi yang stylish, kami sudah tak heran lagi. Pabrikan otomotif di RRC termasuk Wuling belajar banyak dari para kompetitor mereka baik brand Asia, Eropa maupun AS.

Sedan plug-in hybrid terbaru dari Wuling ini pun demikian. Grille yang tipis terpasang di bawah lampu DRL LED model segaris. Mirip seperti Hyundai Ioniq.

Siluet bodi yang ramping dan aerodinamis menghasilkan angka hambatan udara yang sangat minim, hanya 0.228. Selisihnya sangat tipis dari Mercedes-Benz CLA yang angka hambatan udaranya 0.222!

Bagian belakangnya terlihat sedikit mirip KIA EV6, terutama pada desain lampu rem dan seinnya. Ukuran velgnya yang tersedia dalam dua pilihan yakni 17 atau 18-inci terbilang moderat. Ukuran yang tengah trend digunakan sedan premium saat ini.

Nah, dari segi dimensi ukurannya tak selisih jauh dari Toyota Camry. Xing Guang yang panjangnya 4.835 mm hanya selisih 43 mm lebih pendek dari Camry. Tingginya yang hanya 1.515 mm.

Baca juga :  Bengkel Siaga Kia Mulai Disebar Untuk Mudik 2024

Lebar bodi yang 1.860 mm pun masih seukuran dengan sedan ukuran sedang. Untuk jarak antar sumbu roda, Xing Guang hanya 25 mm lebih pendek dari Camry yakni tepatnya 2.800 mm. Ruang kaki masih terbilang cukup lapang.

Interior Minimalis

Kemasan interior terbilang minimalis. Layout interior terutama pada dashboard dan konsol tengah dibuat dengan desain yang mengutamakan kepraktisan. Layar instrument di balik kemudi ukurannya 7-inci. Terbilang kecil. Demikian pula dengan layar sentuh digital penampil sistem infotaintment yang hanya berukuran 10.1-inci.

Desain konsol tengah model mengambang atau menggantung pada dashboard sedan Xing Guang mengikuti trend sedan premium masa kini. Demikian pula tuas transmisinya yang menggunakan tuas model putar.

Untuk varian teratas, spek fiturnya sedikit lebih baik. Panel instrument digital menggunakan layar 8.8-inci. Sedangkan head unit penampil sistem infotaintment menggunakan layar sentuh 15.6-inci.

Sistem operasi fitur multimedia menggunakan OS Ling. Terdapat fitur navigasi dan perintah suara “voice interaction”. Desain setir lebih modern dengan sederet tombol kendali fitur plus dua buah speaker tambahan pada sistem audionya.

Performa Bombastis!

Ya, sektor performa merupakan faktor penunjang yang kerap jadi pendongkrak nilai jual. Demikian pula dengan sedan terbaru dari Wuling ini. Pada varian standar maupun spek teratas dibekali sistem plug-in hybrid yang memadukan mesin bensin 4-silinder 1.5-liter dan sebuah motor elektrik penggerak berdaya 174 hp.

Baca juga :  Honda Racing Gallery, Museum Pembuktian Prestasi Balap Honda

Yang membedakan antara Wuling Xing Guang varian standard dengan spek teratas adalah jenis dan kapasitas daya baterainya. Variant standard dibekali baterai lithium iron phosphate (LFP) berkapasitas daya 9.5 kWh. Jarak jelajah maksimum pada mode EV mengandalkan energi baterai hanya 70 km. Variant teratas kapasitas daya baterainya lebih besar yakni 20.5 kWh. Jarak jelajah mode EV pun 150 km. Jarak jelajah maksimum mode hybrid kedua variant mencapai 1.100 km berdasarkan siklus WLTC.

Label harganya di China kurang lebih sekira Rp 194,75 jutaan hingga Rp 232 jutaan. Oh ya, tahun depan kabarnya bakal muncul versi bertenaga listriknya. Apakah bakal beredar di Indonesia? Hmm..cukup menarik.

 

5 1 vote
Article Rating

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x