Yamaha Luncurkan FZ 2023, Doyan Konsumsi BBM E20

27 February 2023 | 11:51 am | Rizky Dermawan

Sepeda motor kelas 150 cc merupakan salah satu segmen paling populer dan diminati di kawasan Asia, terutama India. Ceruk pasar yang sangat gemuk dan potensial di Negeri Bollywood tersebut dimanfaatkan sejumlah pabrikan sepeda motor, termasuk Yamaha.

Untuk kelas premium entry-level dengan harga yang jauh lebih terjangkau, Yamaha Motor India meluncurkan FZ-S Version 4.0 serta model FZ-X facelift 2023. Kedua model telah dilengkapi dengan seperangkat lampu LED layaknya model sepeda motor Yamaha lainnya.

Bisa Minum BBM E20

Update terbaru yang dibekalkan pada jajaran model FZ yakni teknologi bahan bakarnya. Tak hanya  mengkonsumsi bensin biasa, FZ-S dan FZ-X kini dapat mengkonsumsi BBM jenis E20, dengan kandungan bio ethanol sebanyak 20 persen. Dengan kemampuan flex-fuel, maka teknologi mesin FZ-S dan FZ-X jauh mendahului model motor sejenis di kelasnya.

Pada frame FZ-S dan FZ-X terpasang mesin silinder tunggal 149 cc SOHC 2 katup, berpendingin udara. Sistem pasokan BBM telah menggunakan fuel-injection. Output tenaga maksimum yang dihasilkan sekitar 12,2 HP pada 7.250 rpm dan torsi maksimum 13,3 Nm pada 5.500 rpm.

Dengan transmisi manual 5-speed, FZ-S dan FZ-X memiliki kecepatan maksimum 115 km/jam. Memang ini bukan motor buat adu kebut, justru lebih difungsikan sebagai kendaraan harian dalam kota.

Baca juga :  Produk Hankook Sekarang Ada di Jaringan Mazda Indonesia

Sistem Kontrol Traksi Layaknya Moge

Yang terbilang menakjubkan dan tak lazim, kedua model Yamaha FZ ini telah dibekali dengan sistem kontrol traksi. Pengendaran di kondisi aspal bergelombang atau berpasir, aspal basah maupun jalan pedesaan non aspal menjadi jauh lebih baik.

Sistem kontrol traksi pada motor 150 cc dianggap terlalu berlebihan? Sama sekali tidak. Kondisi lalu-lintas dan jalan raya di India tak pernah dapat ditebak seperti halnya di Indonesia. Hal inilah yang menjadi pertimbangan Yamaha Motor India membekalkan sistem kendali traksi.

Kedua model FZ ini tak hanya dilengkapi spidometer digital dan koneksi ponsel, tapi juga dibekali onboard diagnostics (OBD-II) system yang dapat memonitor kadar emisi gas buang. 

Apa Bedanya?

Perbedaan antara FZ-S dan FZ-X terletak pada gaya tampilannya. Untuk FZ-S mengusung gaya naked bike streetfighter ala Yamaha MT-07, sedangkan model FZ-X tampil dengan style neo-retro seperti XSR700.

Konstruksi keduanya menggunakan frame tubular baja yang ditopang garpu teleskopik di bagian depan dan monoshock preload-adjustable pada swing arm belakang.

Untuk sistem pengereman pada roda depan dan belakang menggunakan rem cakram dengan piranti ABS dua kanal. Rem depan kini menggunakan kaliper rem piston ganda. Sedangkan pada rem belakang menggunakan kaliper rem piston tunggal.

Di India, Yamaha FZ 2023 memiliki dua banderol harga. FZ-S Version 4.0 dipasarkan mulai dari 127.400 rupee atau setara Rp 23,36 jutaan. Tersedia tiga pilihan warna standar, Metallic Grey, Majesty Red, dan Metallic Black. Untuk warna opsional, konsumen tidak dikenakan biaya tambahan.

Baca juga :  Suzuki India Capai Jumlah Produksi 30 Juta Unit

Untuk warna Metallic Grey dilengkapi jok warna hitam dan velg CW alloy 5-twin spoke warna biru. Sedangkan untuk warna Majesty Red dan Metallic Black tampil dengan jok warna maroon serta velg CW warna gold.

Untuk FZ-X banderolnya sedikit lebih mahal yakni 136.900 rupee atau setara Rp 25 jutaan. Selain hadir dalam warna Matte Copper dan Matte Black, FZ-X kini tampil dalam kemasan warna Dark Matt Blue yang dikombinasikan dengan velg CW warna gold.

 

 

 

0 0 votes
Article Rating

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x