Yamaha Tenere 700 Extreme Dan Explore Edition Diluncurkan Di Perancis

8 March 2023 | 7:00 pm | Rizky Dermawan

Mengakomodir tingginya minat konsumen segmen sepeda motor adventure, Yamaha meluncurkan dua edisi spesial Tenere 700 di Perancis.

Dua varian yang diluncurkan yakni Extreme Edition dan Explore Edition. Keduanya tampil dengan karakter spesifik untuk gaya berkendara yang berbeda. Hmmm.. seperti apa detail dari kedua variant dari motor yang populer dengan sebutan T7 tersebut?

Yamaha Tenere 700

Yamaha T7 Extreme Edition Bagi Penyuka Off-road

Ténéré 700 Extreme Edition lebih ditujukan bagi para penyuka off-road. Oleh sebab itu konten penunjang kemampuan off-road pada variant ini pun lebih ditingkatkan dari T7 versi standar. Area sasis dan suspensi mengalami sejumlah ubahan.

Yamaha Tenere 700 extreme edition

Garpu standar diganti dengan KYB 43 mm full adjustable. Jarak travel suspensi depan pun bertambah 20 mm menjadi 230 mm. Suspensi belakang pun tak luput dari ubahan. Monoshock KYB adjustable pre-load, rebound and compression damping dibekalkan. Jarak main suspensi belakang pun bertambah 20 mm menjadi 220 mm. Jarak ground clearance pun bertambah 20 mm menjadi 260 mm.

Sektor tampilan pun mendapat sentuhan gaya off-road yang kian kental. Sejumlah aksesoris yang diimbuhkan antara lain foot peg anti-selip berbahan titanium, pelindung setang, mudguard rally, protektor radiator dan sejumlah pernak-pernik bergaya enduro lainnya.

Jok standar Ténéré 700 diganti model single seat ala enduro. Busa pelapis jok lebih tebal 20 mm. Dengan ubahan pada suspensi, posisi riding pun kini bertambah tinggi menjadi 910 mm. Panel instrument digital berlayar TFT ukuran 5-inci menjadi kelengkapan standar.

Baca juga :  Mini Cooper S 2-Door Siap Dipasarkan Mulai Mei 2024

Spek yang diusung pada varian Extreme Edition ini berada di antara T7 standar dan versi World Raid. Pasalnya, spek suspensi dan sejumlah aksesoris yang dibekalkan diadopsi dari T7 spek kompetisi World Raid. Edaaan…!

Ténéré 700 Explore Edition Bagi Petualang Jalanan

Nah, variant kedua adalah Explore Edition. Berbeda dari Extreme Edition yang sangat berorientasi off-road, Explore Edition lebih ditujukan bagi petualang jalanan penyuka touring.

Tenere 700 explorer

Spek yang diusung pun lebih menitikberatkan pada kenikmatan berkendara jarak jauh di jalan raya.

Jarak main suspensi KYB pada bagian depan dan belakang dbuat lebih pendek 20 mm dari spek standarnya. Jarak travel garpu depan kini menjadi 190 mm. Sedangkan jarak main swing arm belakang kini menjadi 180 mm. Posisi duduk pun dibuat lebih rendah menjadi 860 mm.

Setting suspensi dan posisi riding yang lebih rendah membuat handling saat bermanuver melibas tikungan menjadi lebih nyaman. Perpindahan gigi transmisi pun kian cepat dengan adanya fitur quick shifter.

Untuk menahan terpaan angin, ukuran windscreen standar pun diganti dengan versi yang lebih besar dan lebih tinggi.

Pada bagian sisi kiri-kanan jok belakang terdapat bracket untuk side case tambahan. Tersedia pilihan model koper hard case maupun soft case berbahan tahan cuaca. Hanya saja untuk paket side case dikenakan biaya extra.

Untuk variant Explore Edition label harganya mulai dari €11.799 (setara Rp 191,99 jutaan) dan mulai dari €11.899 untuk variant Extreme Edition yang setara Rp 193,62 jutaan.

Baca juga :  Honda Vezel Facelift Diperkenalkan, Honda HR-V Kapan?

Yamaha Tenere 700

Hanya terpaut lebih mahal sekitar 10% dari harga Yamaha Tenere 700 versi standar yang dibanderol mulai dari €10.999 atau sekitar Rp 178,97 jutaan.

Kedua model Ténéré 700 edisi khusus ini akan mulai tersedia di Perancis pada April 2023. Tak semua negara kawasan Eropa kebagian dua model T7 ini, karena hanya dipasarkan di Perancis, Italia dan Jerman.

 

0 0 votes
Article Rating

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x