Zeekr 009, Untuk Mereka yang Selalu Diburu Waktu Tapi Ingin Enak

13 August 2022 | 8:22 pm | Indra Alfarisy

Pertama, harap diingat ini bukan Toyota Alphard baru. MPV dengan muka sangat modern ini adalah Zeekr 009.

Hah? Apa itu? Siapa Zeekr? Namanya aneh dan sederet pertanyaan lain pasti hadir di benak Anda. Tenang. Baca saja dulu.

Zeekr adalah merek mobil dibawah payung usaha group Geely, raksasa otomotif China yang juga pemilik merek Volvo, Proton, Geely, Lotus dan beberapa merek lain. Zeekr diposisikan sebagai mobil kelas atas. Jangan, jangan disamakan dulu dengan Mercedes-Benz atau BMW dan Lexus. Kami belum tahu seperti apa kualitasnya. Mereka saat ini baru punya satu produk, Zeekr 001 yang berbentuk shooting brake. Dan kencang!

Yang pasti, penampilan Zeekr 009 sangat menegaskan kalau ini adalah mobil modern. Coba perhatikan grill-nya yang menutup rapat. Menandakan kalau ini adalah mobil listrik (EV, Electric Vehicle). Desainnya agak mengingatkan kami pada grill Rolls Royce. Atau parutan kelapa? Entahlah. Lampu depan lengkap dengan DRL dan tentunya sudah mengandalkan LED.

Geser ke samping, kenapa jadi ingat Kia Carnival, ya? Tapi tidak apa. Masih terlihat modern. Minimnya garis pada panel body membuat Zeekr 009 terlihat bersih dan rapi. Sekaligus bersahaja. Warna gelap pada bagian pilar dan atap tidak bikin norak, malah enak dilihat. Tidak ketinggalan ada panoramic dan moonroof. Sedikit spoiler tersemat di atas pintu bagasi untuk membantu aerodinamika. Tapi foto yang di atas itu versi mobil konsep. Bentuk siap produksi bisa dilihat di bawah. 

Baca juga :  Kenalan Sama Janto Group, Dealer Kendaraan Kelas Kolektor

Penegasan kesan mewah adalah kabin. Foto interiornya belum diungkap oleh Zeekr, tapi media negeri Tirai Bambu sudah mulai dapat bocorannya. Material kulit kelas satu dihiasi pola geometris. Dashboard-nya lebar dengan berbagai macam layar display. Jok depan juga tidak kalah lebar dengan konsol diantara kursi menyimpan kemampuan wireless charging.

Hal Teknis Menarik Zeekr 009

Seperti disebutkan tadi, ini adalah mobil listrik. Anda siap dengar tenaganya? 534 hp. Nah. Bye bye Toyota Alphard. Tenaga ini datang dari dua motor listrik, masing-masing berkekuatan 272 hp. Jarak tempuh maksimal dikatakan 700 km, dan kecepatan puncak 190 km/jam. Mau kemana lari sekencang itu naik MPV? Sumber daya mengandalkan baterai 86 atau 100 kWh.

Yang mengejutkan lagi adalah, platform. Menggunakan basis Sustainable Experience Architecture (SEA) yang dibuat oleh Geely. Platform ini bisa ditemukan di Zeekr 001, Lotus Eletre dan Polestar 5 yang akan datang. Oke, kan? Itulah kenapa kami yakin mobil ini punya potensi. Mobil ini belum meluncur. Tunggu tanggal mainnya.

Sumber: Car News China

0 0 votes
Article Rating

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x