Zeths ZFR 500 R Avenger, Nostalgia Motor Balap Era ’80an

1 February 2023 | 6:00 pm | Rizky Dermawan

Trend sportbike bergaya retro yang muncul pada awal tahun 2022 nampaknya akan kian marak di tahun 2023 ini. Salah satu pendatang baru adalah Zeths ZFR 500 R Avenger buatan China. Zeths adalah produsen motor yang didirikan di Kunshan dekat Shanghai, China pada tahun 2016 silam.

ZFR 500 R Avenger bukan produk pertama juga. Sebelumnya, Zeths telah memasarkan dua model cruiser entry level kelas 250 cc untuk pasar domestik RRC, yakni Naja 250 dan Boger 250.

Terserah mau bilang apa soal motor China, tapi ini motor keren. Saat melihat tampilan, gayanya sangat kental dengan motor balap yang berlaga di Isle of Man Tourist Trophy dan GP Macau era ’80an.

Fairingnya tampil dengan windshield semi oval dan sepasang headlamp bundar. Desainnya mengingatkan pada motor balap Suzuki GS1200SS besutan pembalap legendaris Barry Sheene. Di balik windshield terpasang layar digital yang berfungsi sebagai panel instrument dan pengatur fitur berkendara.

Di belakang fairing, terpasang mesin parallel twin 180 derajat berkapasitas 500 cc bertenaga 50 hp yang dicengkeram oleh frame aluminium.

Motor Kekinian

Layaknya motor kekinian, Zeths ZFR 500 R Avenger dilengkapi dengan sistem pasokan bahan bakar electronic fuel injection dan radiator. Sayang pihak pabrikan belum mengumbar spek transmisi dan fitur berkendara yang disematkan pada motor ini.

Baca juga :  Tarmac Tunjuk Toy Maniacs ID Jadi Showroom Resmi di Indonesia

Suspensi pun sangat kental dengan gaya sportbike. Pada bagian depan dilengkapi garpu USD adjustable yang dijepit segitiga komstir berbahan billet aluminium monoblock. Kaki belakangnya pun tak kalah keren, mono swing arm plus monoshock. Mantap… Sepertinya Zeths benar-benar serius dalam meracik motor ini.

Sistem pengereman pada roda depan dipercayakan pada sepasang cakram dengan kaliper 4-piston lansiran Brembo. Sedangkan pada roda belakang dilengkapi rem cakram dengan kaliper 2-piston. Kinerja pengereman dibantu dengan perangkat ABS dua kanal.

Velg alloy 5-spoke model GrandPrix pada bagian depan dan belakang dan knalpot ala CB1000 R yang dibekalkan pun kian memperkuat aura sportbike pada Avenger.

Zeths ZFR 500 R Avenger menurut rencana akan mulai dipasarkan pada Mei tahun ini. Tak hanya di pasar domestik China namun juga akan merambah ke kawasan Eropa.

Meski belum diumumkan secara resmi, namun label harganya diperkirakan bakal berada di kisaran $7.000 atau setara Rp 105 jutaan.

5 1 vote
Article Rating

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x