ALPINA XB7, Suguhkan Performa Lebih Menggiurkan

25 September 2022 | 7:00 am | Rizky Dermawan

Alpina gelontorkan produk terbesar yang pernah mereka buat.

Masih belum puas dengan performa BMW X7 M60i model 2023 yang baru saja diluncurkan? Hmm..mungkin Anda akan tergugah dengan sosok BMW Alpina XB7, X7 hasil racikan tuner asal Jerman, Alpina.

BMW ALPINA XB7 menggunakan basis mesin yang sama dengan BMW X7 M60i. Akan tetapi mesin 4.4-liter V8 Bi-turbo menyuguhkan output daya 630 horsepower dan torsi maksimum 800 Nm. Lebih menggiurkan dari versi standarnya yang ‘hanya’ 523 hp dan 750 Nm.

Ubahan dan optimalisasi pada sektor mesin meliputi setting ulang kurva ECU ala ALPINA serta modifikasi exhaust manifold dan sistem pendingin mesin. Mesin pun dibekali dengan modul hybrid ringan 48-volt.

Dengan optimalisasi performa tersebut, BMW Alpina XB7 diklaim hanya butuh 3,9 detik untuk mencapai angka 100 km/jam dan untuk melakukan sprint 0-400 meter dalam 12,4 detik. Kecepatan maksimum masih di kisaran angka 290 km/jam.

Perpindahan gigi transmisi dipercayakan pada transmisi 8-Speed Sport Automatic Transmission lansiran ZF. Ini dipadukan dengan fitur tombol transmisi ALPINA SWITCH-TRONIC pada setir dengan sensitifitas sekian milidetik untuk perpindahan gigi. Tak ada ubahan pada pilihan mode berkendara yakni tetap COMFORT, SPORT dan SPORT+.

Suspensi Alpina XB7

Sistem suspensi diracik ulang dengan perangkat suspensi Alpina. Fitur berkendara Integral Active Steering pun kian meningkatkan respon kemudi. Sedangkan dengan fitur all-wheel steering yang disematkan, roda belakang dapat berbelok ke kiri atau kanan hingga 2,3 derajat yang tentunya sangat membantu saat parkir paralel di area yang terbatas.

Baca juga :  Seribu Unit Chery Omoda E5 Telah Diserahkan Kepada Konsumen

Pada roda depan dibekali dengan cakram rem berukuran 15,5 inci dan kaliper rem 4-piston. Pada roda belakang menggunakan cakram berukuran 15,7 inci. Kaliper rem lansiran Brembo dikemas khusus dengan warna biru plus label “ALPINA” berwarna putih.

Velg forged-alloy wheels ALPINA CLASSIC 20-spoke berukuran 23 inci dengan warna Anthracite plus ban Pirelli 285/35ZR23 (depan) dan 325/3 ZR23 (belakang) menjadi kelengkapan standar. Tersedia pula opsi velg ALPINA DYNAMIC 21 inci dengan ban Pirelli jenis RFT (run-flat tyre) berukuran 285/45R21 (depan dan belakang) yang dapat anda pilih tanpa biaya tambahan.

Bagi para fans Alpina harus sedikit bersabar. BMW Alpina XB7 terbaru ini akan mulai dipasarkan pada awal tahun 2023, dengan label harga yang sedikit lebih mahal tentunya yakni di kisaran $145.000 atau setara Rp 2,1 milyar (off-the road). Hmm… sangat menggugah pikiran.

Rizky Vox

 

0 0 votes
Article Rating

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x