Ada MINI EV Baru, Akan Debut di Beijing Auto Show 2024

14 March 2024 | 9:45 am | Indra Alfarisy

Inilah MINI Aceman, EV terbaru yang akan debut di gelaran Beijing Auto Show 2024 bulan April nanti. Informasi ini bukan resmi dari BMW, tapi valid karena keluarnya dari Kementerian Indsutri dan Teknologi Informasi Cina (MIIT).

MINI Aceman pernah ditampilkan oleh BMW/MINI sebagai mobil konsep pada bulan July 2022 lalu. Ukurannya lebih kecil dari MINI Countryman, dan beberapa media menganggap ini kemungkinan jadi penerus Clubman yang akan segera diakhiri masa edarnya.

Aceman dibuat bersama oleh BMW/MINI dan Great Wall Motors (GWM), melalui perusahaan patungan mereka, Spotlight Automotive. Karena ini ada campur tangan GWM, kami tidak akan kaget kalau baterai yang dipakai buatan Svolt, yang sempat kami sambangi pabriknya beberapa waktu lalu di Baoding, Cina.

Mini Aceman akan hadir di Beijing auto show 2024

Mobil ini akan hadir dalam dua varian, Aceman dan Aceman S. Keduanya akan menggunakan baterai NMC (Nickel Manganese Cobalt) bikinan Svolt. Jarak tempuhnya tidak terlalu spektakuler karena untuk varian S dengan baterai 54,2 kWh, bisa menempuh 400 km. Perfroamnya didukung oleh motor listrik bertenaga 215 hp dengan torsi 329 Nm.

Versi standar, menggunakan baterai 40 kWh dengan jarak tempuh 300-an km. Motor listriknya mampu mengeluarkan 181 hp dengan torsi puncak 290 Nm.

Dimensi mobil dengan kode J05 ini adalah 4,076 mm untuk panjangnya. Lebar 1,754 mm dan tinggi 1,515 mm. Wheelbase yang tersedia sepanjang 2,606 mm. Sedikit perbedaan untuk versi Aceman S, yang panjangnya 4.094 berkat overhang yang lebih panjang.

Baca juga :  MyALVA Mobile App, Aplikasi Anti Maling Bagi Pemilik ALVA

MINI di Beijing Auto show 2024

MINI dan GWM akan merakit mobil ini di pabrik Spotlight Automotive di Zhangjiagang, Cina. Yang menarik adalah, menurut CarNewsChina, perusahaan Spotlight ini seperti bukan patungan. Karena mereka akan sama-sama mendesain produk, tapi lalu masing-masing akan punya model sendiri. Jadi, tidak menutup kemungkinan basis J05 ini akan punya versi GWM dengan bentuk berbeda.

Kita tunggu saja debutnya di Beijing Auto Show 2024 bulan depan. Sepertinya kami akan ada di sana. 

0 0 votes
Article Rating

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x