Andaikan Kendaraan Presiden Harus EV, Kami Punya Pilihannya

21 September 2022 | 9:42 am | Aldi Prihaditama

Kendaraan Presiden mau diganti dengan yang berbasis listrik? Oke juga.

Kalau instruksi Presiden Republik Indonesia soal pejabat negara harus menggunakan kendaraan listrik berbasis baterai, kami menerawang. Kira-kira kendaraan listrik apa yang cocok untuk mobil kepresidenan?

Penelusuran di laman dunia maya membuahkan beberapa mobil yang sepertinya akan cocok. Meski ternyata tidak banyak. Beberapa merek terkenal, ada juga merek baru dari pemain lama, atau memang baru sama sekali. Selamat menyimak. Tapi jangan terlalu serius.

Genesis G80

EV ini jadi kendaraan resmi KTT G20 di Bali, 15 November nanti. Hyundai, induk dari Genesis menyiapkan mobil ini untuk para kepala negara yang akan hadir. G80 adalah mobil listrik pertama buatan Genesis. Penampilannya enak dilihat. Cukup berwibawa untuk dipakai oleh kepala negara.

Interior dibekali segala kemewahan. Mulai dari jok berbalut kulit dan suede serta Anda tidak akan melewatkan kenop transmisi kristalnya.

Penggeraknya dua motor listrik yang menghasilkan 365 hp dan torsi 700 Nm. Tenaganya mungkin kurang untuk mobil para pembesar. Tapi torsinya sangat bisa diandalkan. Apalagi kalau harus didandani jadi mobil anti peluru. Material anti teror seperti itu pasti akan menambah bobot.

Mercedes-Benz EQS

Mercedes-Benz EQS adalah mobil mewah dengan penggerak elektrik sepenuhnya. Huruf S menandakan ini setara dengan S-Class, paling tidak dalam hal kemewahan dan kenyamanan. Jadi tidak perlu dijelaskan lagi kenapa kayak jadi mobil presiden atau raja dan ratu. Jurnalis luar yang pernah mencoba, hampir semuanya memberikan nilai positif, terutama untuk kenyamanan saat melakukan perjalanan panjang.

Baca juga :  Gemar Nonton Film dan Karaoke? Seres 9 Cocok Untuk Anda

Untuk diketahui, EQS bukan S-Class yang diberikan penggerak listrik dan baterai besar di lantainya. Tapi ini memang mobil all-new yang dibangun khusus untuk menjadi EV. EV yang mewah tepatnya. Baterainya mampu menjalankan mobil sampai dengan 700 km.

Pilihan penggeraknya adalah AWD dengan dua motor yang terpasang pada as roda depan dan belakang. Tapi jarak tempuhnya ‘hanya’ sekitar 670-an kilometer. Atau penggerak belakang saja.

Porsche Taycan GTS

Mungkin terlalu sporty, tapi sedan sport elektrik ini cukup layak mengingat fasilitas yang diberikannya cukup masuk akal untuk level kepala negara. Kami pernah naik mobil ini dan ya, ini cukup nyaman. Meski terasa ini pengendaraannya agak sporty.

Kualitas interior khas Porsche dengan material kelas satu bisa jadi modal Porsche untuk percaya diri mengajukan produknya ke Setneg. Belum lagi performa penggerak elektrinya sangat cukup untuk menghadapi situasi darurat. Bayangkan 0-100 km/jam dalam 3,5 detik saja. Masalahnya, belum ada pejabat setingkat kepala negara yang pakai mobil ini. Jadi belum terbukti.

Volvo XC90 T8 Recharge

Siapa tahu, presiden perlu meninjau wilayah yang jalannya kurang bersahabat. Maka SUV adalah pilihan yang tepat untuk disiapkan di garasi Setneg. Volvo XC90 Recharge, SUV plug-in hybrid bisa jadi pilihan. Dan tidak akan sulit untuk mendapatkannya. Ingat, APM Volvo akan segera beroperasi (lagi) di Indonesia.

Baca juga :  VW ID. Buzz Ini Jadi Versi Reborn Kombi Dakota

XC90 Recharge punya segala yang pas untuk dijadikan kendaraan operasional kepala negara. Mulai dari interior yang minimalis, mewah khas Swedia, hingga mesin yang bisa diandalkan. Jangan lupa penampilannya juga tegas.

Bicara mesin, ini memang bukan kendaraan elektrik sepenuhnya. Tapi tetap hemat karena punya sistem penggerak elektrik yang mumpuni. Performanya juga tidak bisa dianggap enteng, mesin 2.0 liter turbo ditambah motor elektrik akan meraih 0-100 km/jam dalam tempo 5,1 detik. Karena SUV, maka sudah ada penggerak AWD. Kalau tetap harus EV, Volvo XC90 akan punya varian elektrik tahun 2023 nanti. Pas.

Lucid Air

Dari semua yang ada di atas, kami merasa ini sebetulnya yang paling cocok untuk seorang kepala negara. Paling tidak untuk saat ini. Ok, Mercedes-Benz EQS punya kemewahan yang mumpuni. Tapi Lucid Air, punya kemewahan plus performa. Khususnya versi Air Sapphire yang punya tiga motor penggerak. Varian ini akan tersedia mulai tahun depan.

Pertama, baterainya sanggup menjalankan mobil hingga lebih dari 800 km. Tenaganya setara dengan 1.200 hp. Ini bikin mobil berakselerasi 0-100 km/jam kurang dari dua detik! Coba bayangkan, teroris pun akan bingung membidik mobil ini. Tidak lupa, Lucid mengklaim produknya ini hanya perlu 22 menit untuk mengisi ulang baterai, agar sanggup menempuh 320 km.

Kekurangannya? Mobil Amerika ini belum banyak dikenal. Lucid adalah perusahaan baru yang sedang berusaha untuk merangkak di pasar setempat. Kuartal pertama tahun ini, mereka mendapatkan 30.000 pemesanan dan baru bisa menghantarkan 360 unit.

0 0 votes
Article Rating

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x