Armormax Sulap Jaguar I-Pace Jadi Mobil VVIP Kebal Peluru

1 December 2022 | 8:01 am | Rizky Dermawan

Mobil mewah seperti Range Rover, Mercedes-Benz S-Class dan G-Class, BMW 7-Series, Audi A8 maupun S8 mungkin sudah lumrah digunakan sebagai mobil para VVIP yang dilapisi dengan proteksi balistik agar kebal peluru.

Namun, menyulap mobil listrik seperti Jaguar I-Pace menjadi mobil kebal peluru adalah sebuah ide yang cukup brilian. Hal tersebut dilakukan oleh perusahaan industri militer asal Afrika Selatan, Armormax. 

Dari segi performa, SUV yang diproduksi oleh Magna Steyr di Austria sejak tahun 2018 ini memiliki output tenaga 394 hp dengan torsi maksimum 695 Nm. Akselerasi 0-100 km/jam hanya butuh waktu 4,5 detik. Mobil ini pun mampu menjelajah hingga 396 km (sesuai standar EPA).

Potensi performa serta kelebihannya sebagai mobil listrik nyaris tanpa suara membuat Jaguar I-Pace cukup ideal untuk dijadikan sebagai basis kendaraan VVIP, dengan proteksi balistik.

Proteksi balistik level B4 yang disematkan oleh Armormax pada Jaguar I-Pace membuat munisi kaliber .44 Magnum tidak tembus. Bahkan terjangan munisi penembus baja 7.62 x 39 mm dari senapan serbu AK-47 tak dapat menerobos plat body maupun kaca mobil.

Tak hanya itu, penggunaan ban run-flat tires (RFT) membuat I-Pace dapat tetap terus melaju dan bermanuver. Paling tidak hingga beberapa belas kilometer meskipun ban mobil terkena tembakan.

Baca juga :  Honda CR-V Listrik Dengan Teknologi Hidrogen Resmi Diproduksi

Penambahan lapisan proteksi balistik, membuat bobot kendaraan praktis menjadi kian berat. Bertambahnya bobot kendaraan tentunya akan berpengaruh pada daya jelajah.

Armormax mengklaim bahwa bobot kendaraan hanya bertambah sekira 200 kg. Jauh lebih ringan dari proteksi balistik level B4 pada umumnya. Dalam kondisi standar, Jaguar I-Pace memiliki bobot kosong 2.170 kg. Dengan penambahan proteksi balistik, maka bobot totalnya pun kini menjadi 2.370 kg.

Mungkin yang menjadi nilai minus hanya pada sisi pengisian ulang daya baterai. Untuk mengisi daya baterai dari 0 hingga 100% menggunakan charger 9.6-kW memakai listrik rumah bertegangan 220 VA, butuh waktu sekitar 10 jam. Waktu yang terbilang cukup lama.

Mengenai berapa biaya yang dikenakan untuk penambahan proteksi balistik tersebut, pihak Armormax tidak menjelaskan secara rinci. Pasalnya, setiap konsumen pemesan memiliki kebutuhan spesifikasi teknis yang berbeda dan daftarnya amat sangat panjang.

Jika anda berminat, setidaknya siapkan dana beberapa kali lipat dari harga dasar Jaguar I-Pace yang berada di kisaran $71.300 atau setara Rp 1 Milyar. Belum termasuk ongkos kirim dari Afrika Selatan dan biaya lainnya.

Tak perlu khawatir perihal garansi pabrikan. Penambahan proteksi balistik yang dilakukan Armormax pada Jaguar I-Pace telah mendapat persetujuan dari Jaguar-Land Rover Afrika Selatan. Sehingga garansi Jaguar I-Pace Anda tidak akan hangus dan tetap berlaku.

 

5 1 vote
Article Rating

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x