Baterai Mobil Listrik Ini Hanya Perlu 15 Menit Untuk Recharging

18 December 2023 | 9:33 am | Indra Alfarisy

Bukan, ini bukan solid state. Baterai mobil listrik ini bernama Golden Brick buatan Zeekr, produsen EVk mewah yang berada di bawah naungan raksasa otomotif, Geely. Mereka mengklaim baterai bisa memberikan energi untuk jarak tempuh 500 km, hanya dengan pengisian ulang selama 15 menit.

Bagian utama baterai Golden Brick dilapisi bahan insulasi tipis yang mampu menyerap tegangan tinggi berwarna emas. Zeekr memperkenalkan baterai lithium iron phospate (LFP) tersebut di acara Zeekr Power Day 14 Desember lalu di China. Diklaim mampu menerima daya pengecasan hingga 500 kW. Dan mengisi dari 10 persen hingga 80 persen dalam 15 menit. Selain itu, mereka juga menegaskan baterai ini sangat aman.

Golden Brick

Dikutip dari Car News China Ini dibuktikan melalui pengujian dengan suhu -45 derajat selama delapan jam, lalu baterai dipaparkan pada suhu 1.000 derajat celcius. Beres pengujian, dipasangkan di salah satu mobilnya dan masih berfungsi dengan baik. Selain itu, tentunya sudah tahan air, sesuai dengan standar IPX8. Mereka juga menunjukkan berbagai ‘siksaan yang harus dilalui sang baterai.

Mulai dari baterainya digeret di lumpur sejauh tiga kilometer. Lalu, baterai mobil listrik ini dijatuhkan dari ketinggian 10 meter dan digilas oleh roller seberat 22 ton. Menurut Zeekr. Desain baterai yang sederhana tapi canggih mampu memanfaatkan kapasitas baterai hingga 83,7 persen (sisanya energi listrik cadangan).

Baca juga :  Nissan Ariya Dan Sakura EV Ditampilkan, Mau Dijual di Indonesia?

Untuk Mobil Baru

LFP Battery ini akan digunakan pada Zeekr 007, sedan mewah yang akan masuk pasar setempat pada 27 Desember 2023. Detailnya belum terungkap, tapi dikatakan satu variannya akan pakai baterai LFP berkapaistas 75,6 kWh. Zeekr 007 dengan baterai ini akan menganut penggerak roda belakang dan punya jarak tempuh hingga 688 km.

Zeekr 007 dengan baterai LFP

Selain itu, 007 juga hadir dengan baterai yang lebih konvensional, NMC. Kapasitasnya 100 kWh dan memberikan jarak tempuh lebih jauh, 870 km. Tersedia juga adalam varian AWD, namun belum dikatahui seperti apa kemampuannya, selain jarak tempuh 770 km.

Zeekr 007 beridiri di atas platform PMA2+ dengan arsitektur kelistrikan 800 volt. Panjangnya 4.865 mm, lebar 1.900 mm dan tinggi 1.450 mm. Sementara itu wheelbase-nya menyentuh 2.928 mm. Ini mobil besar memang.

5 2 votes
Article Rating

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x