BYD Racco Terobos Pasar Kei Car EV Jepang

31 October 2025 | 5:16 pm | Rizky Dermawan

Pabrikan otomotif asal China, BYD terus berekspansi ke pasar kendaraan elektrifikasi global. Bahkan tak ragu menerobos masuk ke pasar domestik Jepang yang terkenal sulit ditembus, terutama segmen Kei Car.

Sebuah model Kei Car bertenaga listrik (EV) bernama Racco pun diluncurkan oleh BYD dalam event Japan Mobility Show yang kini sedang dihelat di Tokyo.

Racco bukanlah model mobil pertama yang dipasarkan BYD di Jepang, tapi yang kelima. BYD mulai masuk ke pasar Jepang pada Januari 2023 dengan model Yuan Plus, versi JDM dari compact SUV EV Atto 3. Setelah itu mulai masuk Dolphin, Seal, Sealion 07 EV dan kini Racco.

BYD Racco

Dari segi tampilan desain maupun ukuran, BYD Racco tak beda jauh dengan Kei Car EV sejenis yang beredar di Jepang.

Kei Car EV 4-penumpang lansiran BYD ini memiliki panjang 3.395 mm, lebar 1.475 mm, dan tinggi 1.800 mm. Ukuran postur BYD Racco tak melebihi batas regulasi Kei Car di Jepang yang menetapkan panjang bodi tak lebih dari 3.4 meter dengan lebar tak melampaui 1.48 meter.

Desain bodi yang semi kotak merupakan upaya untuk memaksimalkan volume kabin. Pintu kabin model geser memudahkan akses masuk dan keluar kabin. Lampu depan dan belakang sudah LED sesuai trend. Velg alloy ukuran 15 inci yang dibekalkan pun keren.

Baca juga :  Suzuki XBee Tampil Lebih Fresh, Cuma Ada Di Jepang

Kemasan interior mobil listrik mungil ini pun dirancang dengan simple dan praktis tanpa mengurangi kesan mewah. Bangku belakang dapat dilipat hingga rebah untuk menambah volume ruang bagasi. Tak jauh beda dari rivalnya yang putera daerah made in Japan.

Layar infotaintment digital pada dashboard jadi salah satu daya tarik pada BYD Racco. Selain itu, mobil ini dilengkapi sistem bantu berkendara terpadu ADAS.

BYD mengemas Racco yang dalam bahasa Jepang merupakan sebutan untuk sejenis “berang-berang” ini sesuai trend konsumen. Tak beda jauh dari mobil sejenis seperti Mitsubishi ek Space, Honda N-Box, Suzuki Spacia, Nissan Sakura dan Daihatsu Tanto.

Perihal spek lengkapnya terutama sektor performa memang belum diungkap tuntas. Hanya dikatakan BYD Racco dibekali baterai Blade jenis lithium-iron phosphate (LFP) dengan opsi daya berkisar 20 kWh dan 40 kWh. Pengecasan baterai telah disesuaikan agar bisa menggunakan oersngkat DC Fast Charger dengan output hingga 100 kW.

Untuk output daya motor elektrik penggerak dipastikan sesuai regulasi Kei Car yang tak melebihi 64 hp. Jarak jelajahnya dikatakan mencapai 180 km, berdasarkan standar uji WLTC. Cukup untuk menunjang mobilitas harian dalam kota.

Kei Car EV Jepang VS BYD Racco

Meskipun fanatisme konsumen di Jepang terhadao produk lokal sangat tinggi, namun upaya BYD yang pantang menyerah telah membuahkan hasil.

Baca juga :  Toyota Tampilkan Inovasi Masa Depan di Ajang JMS 2025

Agustus 2025 lalu BYD mengumumkan angka penjualan kumulatif mereka di Jepang telah mencapai 5.000 unit. Salah satu upaya BYD dalam menggaet konsumen Jepang adalah memberi diskon hingga 1 juta yen (Rp 108 jutaan). Belum lagi tambahan insentif subsidi dari pemerintah Jepang untuk pembelian mobil listrik. Harga jual mobil listrik BYD di Jepang pun menjadi lebih terjangkau. Jelas sangat menggiurkan dan menggoyah hati konsumen Negeri Sakura.

Kemuncukan mobil listrik mungil ini di JMS 2025 baru tahap perkenalan. BYD baru akan membuka pendaftaran pemesanan Racco via pre-order (inden booking) pada kwartal pertama tahun 2026.

Agar tak kalah saing dari rivalnya, harga jual BYD Racco diperkirakan tak jauh dari harga pasaran Nissan Sakura EV dan Mitsubishi eK X EV yang di kisaran 2,5 – 2,6 juta yen atau sekitar Rp 270 jutaan.

Pangsa pasar Kei Car EV di Jepang saat ini didominasi oleh Nissan Sakura EV dengan porsi 40%. Sejak dipasarkan pada tahun 2022 hingga 2024, Nissan Sakura EV yang dibanderol mulai dari 2.599.300 yen (Rp 283 jutaan) telah terjual sebanyak 64.000 unit.

Mampukah BYD Racco bersaing dalam segmen Kei Car EV di Jepang yang terkenal alot?

 

5 1 vote
Article Rating

Subscribe
Notify of
0 Comments
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x