BYD Sealion 7 Debut Perdana di Paris Motor Show 2024

21 October 2024 | 8:59 am | Rizky Dermawan

Event akbar Paris Motor Show 2024 yang saat ini tengah dihelat jadi momen penting bagi sejumlah brand otomotif. BYD yang sedang memulai ekspansi ke pasar otomotif Uni Eropa adalah salah satunya.

Launching SUV bertenaga listrik Sealion 7 yang dilakukan BYD pada event ini sekaligus jadi debut perdana untuk kawasan Eropa.

Ini bukanlah mobil jenis NEV (New Energy Vehicle) pertama yang dipasarkan BYD di Eropa, tapi model kedelapan. Target yang disasar oleh BYD pun cukup prestisius, pangsa pasar yang saat ini dikuasai Tesla Model Y.

Calon Pengganjal Tesla Model Y

Tak butuh waktu lama bagi BYD untuk bisa memboyong Sealion 7 ke pasar Eropa. Di negara asalnya sudah dipasarkan sejak Mei 2024 lalu. BYD terbilang gerak cepat.

Basis rancang bangun e-Platform 3.0 Evo yang digunakan bisa mengakomodir motor elektrik penggerak tunggal maupun ganda.

Untuk pasar Eropa, speknya tentu beda dengan di pasar dalam negeri RRC. Hanya saja saat ini pihak BYD belum mengungkap detailnya. Namun ada sedikit bocoran, BYD Sealion 7 Euro-spec akan dibekali motor elektrik ganda (AWD) dengan daya lebih besar alias versi high performance.

Sebagai gambaran, BYD Sealion 7 spek tertinggi untuk pasar domestik RRC dibekali motor elektrik ganda. Output kombinasinya 390 kW (523 hp). Akselerasi 0-100 km/jam mobil ini cukup gesit, hanya butuh 4,5 detik.

Baca juga :  Debut Perdana AION di GIIAS Bandung Tandai Ekpansi Pasar EV

Pasokan daya listrik bersumber dari baterai Blade berdaya 82.56 kWh. Pengisian daya cepat bisa terkoneksi dengan fast charger DC beroutput hingga 230 kW. Jarak jelajah maksimumnya diklaim berkisar 550-610 km, berdasarkan siklus uji CLTC.

Bakal Diproduksi Di Eropa

Tersiar kabar jika BYD berencana untuk memproduksi BYD Sealion 7 di Hungaria. Tak hanya untuk menyiasati tingginya tarif impor kendaraan yang masuk ke Uni Eropa.

Hanya saja BYD harus menunggu hingga fasilitas manufaktur di Hungaria siap beroperasi. Setidaknya paling cepat pada akhir tahun 2025 mendatang.

“Sealion 7 jadi bagian dari gebrakan kami untuk pasar Eropa. SUV high-performance ini bukan satu-satunya. Akan ada 6 model baru lainnya yang bakal mendarat di Eropa dalam waktu 14 bulan mendatang,” papar Michael Shu, BYD’s European Managing Director.

BYD Sealion 7 akan mulai beredar di jaringan dealer BYD di sejumlah negara kawasan Eropa paling cepat pada akhir Oktober ini.

 

5 1 vote
Article Rating

Subscribe
Notify of
0 Comments
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x