Caterpillar Uji Coba Truk Raksasa CAT 793 Electric

28 November 2022 | 5:25 pm | Rizky Dermawan

Teknologi penggerak bertenaga listrik ternyata tak hanya digunakan pada kendaraan yang biasa melintas di jalan raya. Truk pertambangan berukuran raksasa pun mulai bertransformasi ke teknologi electric vehicle (EV). Salah satu pabrikan yang saat ini tengah melakukan pengembangan adalah Caterpillar.

Pabrikan alat berat dan kendaraan pertambangan yang dikenal dengan julukan CAT, ini baru saja melakukan uji coba prototype dump truck raksasa bertenaga listrik CAT 793 Electric.

Pengembangan yang dilakukan di Proving Ground milik Caterpillar di Tucson, Arizona. Ini merupakan hasil kerjasama antara Caterpillar dengan sejumlah perusahaan pertambangan seperti Freeport-McMoRan, Rio Tinto, BHP, Teck Resources dan Newmont Corporation.

CAT 793 Electric dikembangkan berbasis platform CAT 793 bermesin diesel kelas 244 ton. 793  mampu mengangkut muatan seberat 226,8 ton. Dalam demonstrasi dan uji jalan di trek sejauh tujuh kilometer, raksasa ini mampu melaju hingga 60 km/jam dengan muatan penuh.

Saat melintasi trek bergradien 10 persen (kemiringan 5,7 derajat dengan inklinasi 10 m setiap jarak 100 m), laju kecepatan rata-rata di kisaran 12 km/jam pada muatan penuh. Pengembangan dan evaluasi masih terus berlanjut hingga tiba saatnya CAT 793 Electric resmi diproduksi.

Dalam program yang saat ini tengah berjalan, tak hanya sebatas pada pengembangan kendaraan pertambangan bertenaga listrik semata. Program tersebut juga merambah studi penggunaan sumber energi terbarukan dalam operasional lokasi pertambangan.

Baca juga :  Berharap Banyak Dari Neta V-II, Ternyata Rp 299 Juta

Hadirnya kendaraan berat bertenaga listrik, merupakan langkah awal menuju era bebas emisi gas buang. Terutama dalam operasional pertambangan mineral di masa mendatang. Jadi, kendaraan listrik tak hanya dapat digunakan sebagai alat transportasi pada aktivitas sehari-hari saja, namun juga mampu menunjang pekerjaan berat.

Menurut rencana, CAT 793 Electric akan segera menjalani uji operasional di area tambang bijih besi milik Rio Tinto. Lokasinya di Gudai-Darri, Australia. Perusahaan tambang lainnya yakni Teck Resources juga akan mengoperasikan CAT 793 Electric di tambang batu bara Elk Valley Coal di British Columbia, Kanada hingga truk bertenaga listrik pesanan mereka rampung diproduksi pada tahun 2027 mendatang.

5 1 vote
Article Rating

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x