Davinci Motor DC100, Sasar Pengguna Big Bike AS Dan Eropa

30 December 2022 | 2:00 pm | Rizky Dermawan

Pemain baru di liga sepeda motor listrik selalu bermunculan seolah tak ada habisnya. Yang terbaru adalah Davinci Motor, sebuah perusahaan rintisan asal Zibo, RRC, dengan menghadirkan DC100.

Produk perdana mereka yang diluncurkan pada Oktober lalu di China dikabarkan bakal tampil dalam event Consumer Electronics Show (CES) pada 5-8 Januari 2023 mendatang di Las Vegas. Tak sekadar dipamerkan, DC100 juga akan didemonstrasikan kepada para pengunjung.

“Event CES 2023 merupakan salah satu jalan bagi kami sebagai perusahaan teknologi untuk dapat memperkenalkan diri kepada publik Amerika Serikat dan juga dunia,” papar Rosanna Libia, Manajer Bisnis Internasional Davinci Motor.

Pameran sepeda motor terbesar di dunia, EICMA di Milan, Italia awal November 2022 juga dimanfaatkan Davinci Motor guna memperkenalkan DC100 ke publik dunia sebelum melangkah ke Negeri paman Sam. Hmmm.. makhluk seperti apa sebenarnya DC100 ini?

Sarat Teknologi Semikonduktor Canggih

Lahirnya sepeda motor listrik DC100 berawal dari konsep ‘robot sepeda motor’ ala Transformer yang debut perdana pada Juli 2021 lalu. Davinci Motor menggadang produk buatan mereka sarat dengan teknologi canggih, bukan sekadar gimik tampilan bergaya robot. Di balik body kekarnya yang begaya futuristik terpasang sekira 300 chip dan 200 sensor! Wuiih…

Ya, sebegitu banyaknya chip dan sensor yang terpasang memiliki fungsi yang berbeda. Mulai dari sistem informasi, sensor radar penjejak, sensor berkendara, temperatur baterai dan motor penggerak, dan masih banyak lagi. Sensor tersebut berfungsi layaknya indera peraba, pendengar dan penglihatan pada manusia.

Baca juga :  Honda CR-V Listrik Dengan Teknologi Hidrogen Resmi Diproduksi

DC100 Menyasar Pengguna Big Bike

Mengenai segmen konsumen, pabrikan yang tengah mencoba peruntungannya di Amerika Serikat dan Eropa ini menyasar pada para pengguna big bike kelas 1.000 cc.

Sebagai penggerak, DC100 dibekali motor listrik yang mampu membangkitkan daya sebesar 100 kW atau setara 134 hp. Torsi maksimum pada poros roda belakangnya diklaim mencapai 850 Nm! Wow…jauh lebih besar dari rata-rata sepeda motor konvensional kelas 1.000 cc.

Sebagai sumber pasokan daya listrik, DC100 dibekali baterai berkapasitas daya 17.7 kW. Dengan perangkat fast charger level 3, pengisian ulang daya baterai digadang hanya butuh waktu setengah jam saja. Waktu charging yang terbilang cukup cepat.

Mengenai performa, DC100 diklaim mampu melesat hingga 200 km/jam. Akselerasi 0-100 km/jam pun dikabarkan hanya butuh 3 detik saja. Ya, cukup lumrah untuk sepeda motor listrik dengan torsi yang extra besar.

Untuk kemampuan jelajah, DC100 dapat menempuh jarak sejauh 400 km dengan kapasitas daya baterai penih berdasarkan standar siklus NEDC. Hmm… Cukup jauh dan cocok untuk diajak touring.

Nah, anda penasaran berapa harganya? Saat mulai resmi dipasarkan, DC100 diprediksi harga jualnya bakal berada di kisaran angka $27.500 atau setara Rp 400 jutaan.

0 0 votes
Article Rating

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x