DS 7 Vauban, SUV PHEV Khas Mobil Kepresidenan Perancis

13 November 2023 | 1:37 pm | Rizky Dermawan

Perancis adalah negara yang sangat cinta produk dalam negeri. Bahkan kendaraan dinas para petinggi negara baik Perdana Menteri maupun Presiden Perancis sejak dahulu selalu menggunakan mobil kepresidenan buatan dalam negeri.

Pada masa pemerintahan Presiden Emmanuel Macron, kendaraan dinas kepresidenan dipasok oleh pabrikan otomotif DS Automobiles. Mobil yang digunakan saat ini adalah sport utility vehicle (SUV) ramah lingkungan DS 7 Élysée.

Pesona yang disuguhkan oleh mobil dinas Presiden Macron membuat para VIP dan kaum jetset di Perancis ingin memiliki mobil kebal peluru yang serupa. DS Automobiles pun akhirnya melansir mobil proteksi kebal peluru DS 7 Vauban untuk kalangan sipil. Apa yang membedakan DS 7 Vauban dari mobil dinas kepresidenan?

Proteksi Ala Mobil Kepresidenan

Nama ‘Vauban’ yang disematkan pada DS 7 edisi khusus ini diadopsi dari nama tokoh modernisasi militer Perancis pada abad ke-17, Marquis Sébastien Le Prestre de Vauban.

Basis model yang digunakan DS 7 Vauban sama seperti DS 7 Élysée, yakni DS 7 E-Tense 4×4 300 plug-in hybrid (PHEV).

Bedanya, jarak wheelbase pada DS 7 Vauban tetap standar. Sedangkan pada DS 7 Élysée jarak wheelbase lebih panjang 20 cm. Level proteksi balistik dan kelengkapan yang dibekalkan pada kedua varian DS 7 kebal peluru tersebut dibedakan.

Sistem PHEV yang digunakan pada DS 7 Vauban sama seperti pada versi standarnya. Mesin 4-silinder 1.6-liter turbo dipadukan dengan sepasang motor elektrik penggerak hybrid plus baterai berdaya 13.2 kWh.

Baca juga :  Nissan Ariya Dan Sakura EV Ditampilkan, Mau Dijual di Indonesia?

Performa kombinasi yang dihasilkan sistem hybrid pun tak ada perubahan. Output tenaga maksimum tetap 296 hp dengan torsi maksimum 520 Nm.

Namun dikarenakan bobot kendaraan jadi kian berat, maka berpengaruh pada akselerasi, kecepatan maksimum dan juga jarak jelajahnya.

Digarap Spesialis Proteksi Balistik

Perusahaan spesialis proteksi balistik asal Jerman, WELP Group menjadi mitra dalam menggarap mobil DS Automobiles yang dilengkapi proteksi khusus. Termasuk pula DS 7 Élysée dan tentu saja DS 7 Vauban.

Proses penggarapan unit kendaraan DS 7 Vauban dilakukan WELP France SAS, cabang WELP Group untuk Perancis.

Seperti halnya mobil kepresidenan, DS 7 Vauban pun dikerjakan di workshop yang berlokasi di Hérimoncourt. Letaknya tak sampai 100 km dari pabrik DS di Mulhouse, Perancis.

Karena DS 7 Vauban ditujukan untuk kebutuhan konsumen sipil, maka level proteksi balistik pun disesuaikan yakni VPAM 4.

Proteksi balistik meliputi kaca yang mampu menahan terjangan peluru (dan hantaman martil). Pada panel bodi diberi lapisan pelindung berbahan serat Aramid. Perlindungan ditingkatkan pada bagian bodi dan sasis yang dianggap rentan. Termasuk pula bagian atap dan tangki BBM serta panel baterai.

Meskipun proteksi balistik ini lebih ringan dan ‘tipis’ dibandingkan spek militer maupun mobil kepresidenan, namun tetap mampu menahan terjangan peluru kaliber .44 Magnum dan .357 Magnum dari jarak 0.5 – 5 meter.

Untuk daftar kelengkapan penunjang keselamatan penumpang, konsumen dapat memesan sesuai kebutuhan. Mulai dari ventilasi dan sirkulasi udara ruang tertutup, tabung APAR, sirine dan lampu rotator, alat komunikasi dan lain sebagainya.

Baca juga :  MG Maxus 9, Kabinnya Bikin Mager Presiden Jokowi

Bagi para konsumen, tersedia opsi personalisasi khusus. Mulai dari warna eksterior hingga kombinasi kemasan serta sentuhan khusus pada panel interior. Bahkan tiang bendera di tepi bemper ala mobil pejabat.

Pemesanan sudah dibuka. Namun mengingat pengerjaan DS 7 Vauban cukup memakan waktu, maka unitnya baru akan tersedia mulai April 2024. Harganya tentu saja bakalan berkali lipat lebih mahal dari DS 7 varian termahal.

Sebagai gambaran, DS 7 E-Tense 4×4 300 variant Bastille di Perancis dibanderol mulai dari €60,200. Kurang lebih sekira Rp 1 milyar. Harga off the road, belum termasuk pajak dan biaya lainnya. Sensasi dan citarasa yang hanya beda tipis dari mobil kepresidenan…

5 1 vote
Article Rating

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x