Ducati Siap Berlaga Di Balap MotoE 2023

19 January 2023 | 2:00 pm | Rizky Dermawan

Ducati MotoE, motor balap bertenaga listrik saat ini tengah menjalani proses produksi sejak Desember 2022 lalu. Setiap unit Ducati MotoE dirakit para teknisi dan engineer berpengalaman di Ducati MotoE Racing Department. Prosedur dan proses pengerjaannya menggunakan standar yang sama seperti pada unit motor Ducati MotoGP.

Dari 23 unit motor yang diproduksi, 18 unit akan turun berlaga dan 5unit merupakan unit cadangan. Seluruh unit ini diharapkan akan selesai diproduksi pada pertengahan Februari 2023 mendatang. Rencananya, motor balap Ducati listrik ini bakal ikut berlaga di kejuaraan balap FIM Enel MotoE™ World Championship tahun 2023 ini.

Selama berlangsungnya proses produksi, Ducati melakukan pelatihan dan persiapan bagi para teknisi kru tim balapnya.

Ducati MotoE “V21L” Memadukan Tiga Unsur Teknologi

Uji coba perdana pada prototype “V21L” ini dilakukan test rider Michele Pirro di World Circuit Marco Simoncelli, Misano, Italia lebih dari setahun lalu. Pengujian ini menjadi pondasi awal masuknya Borgo Panigale di kancah elektrifikasi otomotif.

Hasil test track ini menjadi acuan para perancang dan tim litbang Ducati dalam menyempurnakan prototype “V21L”. Keikutsertaan di balap MotoE tentunya menjadi babak baru dalam sejarah Ducati.

“Keikutsertaan Ducati di ajang balap MotoE merupakan lembaran baru dalam sejarah perusahaan kami. Proyek MotoE tak hanya mewakili visi Ducati untuk berkontribusi mengurangi emisi CO2, namun juga upaya dalam melakukan pengembangan teknologi untuk beralih menuju era bebas emisi.” papar Claudio Domenicali, CEO Ducati.

Baca juga :  Gesits Garuda, Kolaborasi Antik Pembuat Motor Dan Timnas Sepak Bola

Pengembangan rancang bangun prototype “V21L” tentunya tak terlepas dari teknologi sasis yang dikerjakan oleh Ducati Corse. Motor balap ini memadukan tiga unsur yakni teknologi elektronika, rancang bangun teknologi MotoGP dan karakter handling motor jalan raya. Pasalnya, teknologi pada motor balap ini nantinya menjadi acuan pengaplikasian pada unit produksi massal.

Jerih payah para test rider, Michele Pirro, Alex De Angelis dan Chaz Davies selama satu tahun masa pengembangan “V21L” tak sia-sia. Ducati akan segera berlaga pertamakalinya dengan motor balap bertenaga listrik ini.

Uji coba perdana pra-musim akan berlangsung di sirkuit Jerez, Spanyol pada 6,7 dan 8 Maret 2023 mendatang. Uji pra-musim berikutnya berlangsung pada 3,4 dan 5 April 2023 di sirkuit Montmelò, Barcelona sebelum seri pertama MotoE musim balap 2023 dimulai pada GP Prancis 13 Mei 2023 mendatang.

Mampukah tim balap MotoE Ducati mendominasi 8 seri kejuaraan yang akan berlangsung selama musim balap tahun 2023 ini? Kita nantikan aksinya dalam beberapa waktu mendatang. Ciao…

0 0 votes
Article Rating

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x