EV Fiat Topolino Tampil Ala Mobil Pantai

6 July 2024 | 7:00 pm | Rizky Dermawan

Mobil listrik mungil Fiat Topolino ternyata bisa tampila unik ala mobil pantai. Tentunya terlebih dahulu harus melakukan rombakan bodi. Salah satu contohnya seperti hasil garapan Castagna Milano.

Perusahaan karoseri yang berpusat di kota Milan, Italia ini bukan nama baru di dunia otomotif. Castagna Milano telah membuat karoseri bodi mobil sejak tahun 1905.

Pada tahun 2018 Castagna Milano bahkan pernah mengkonversi Fiat 500 menjadi mobil pantai Spiaggina. Membangkitkan nostalgia pada mobil pantai Fiat 500 Jolly Spiaggina yang muncul di tahun 1958 dan populer hingga akhir era 1960an.

Fiat Topolino ukurannya sedikit lebih kecil dari Fiat 500 dan masih seplatform dengan Citröen Ami. Castagna Milano sebelumnya pernah melakukan modifikasi bodi pada Citröen Ami. Maka tak terlampau sulit untuk merombak bodi Fiat Topolino.

Mobil Pantai Retro Modern

Agar tampilan mobil listrik Fiat Topolino bisa seperti Fiat 500 Jolly Spiaggina, sejumlah rombakan pada bodi pun dilakukan. Atap dan pilar kabin Topolino dipangkas. Rangka bodi Topolino pun menjelma jadi versi drop top. Fender diberi ekstensi untuk menahan cipratan pasir pantai.

Agar kian mirip Jolly Spiaggina, bodi bagian samping dan dek kargo di belakang jok dilapisi panel kayu. Handle pintu pun diganti dengan versi custom berbahan aluminium.

Baca juga :  Mercedes-Benz EQE SUV Meluncur, Siap Diajak Off-road?

Interior Topolino pun kena modifikasi. Hasilnya, mobil listrik ini pun menjelma bagai pickup mini two-seater. Jika ingin membawa barang muatan yang lebih banyak, tersedia opsi bak kargo yang lebih panjang. 

Hanya kemasan tampilan saja yang dirombak total. Sedangkan spek motor listrik penggerak bawaan Topolino masih tetap standar.

Dengan motor elektrik penggerak berdaya 8 hp plus baterai lithium-ion berdaya 5.5 kWh, Topolino EV Spiaggina bisa menempuh jarak hingga 75 km. Cukup untuk berkeliling area wisata pantai.

Bagi yang berminat, siapkan dana mulai dari €25.000 (sekira Rp 440,5 jutaan) untuk versi standar. Versi long bed dibanderol mulai dari €35.000 atau sekitar Rp 616,7 jutaan. Itu baru ongkos modifikasinya saja, belum termasuk bahan mobilnya.

Tak dijelaskan berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk melakukan konversi. Selain itu, Castagna Milano hanya melayani modifikasi bagi konsumen di Italia.

Astaga! Ongkosnya jauh lebih mahal dari harga Fiat Topolino EV versi standar yang dibanderol mulai dari €7,544 atau sekitar Rp 132,9 jutaan (off the road).

5 1 vote
Article Rating

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x