Fiat Topolino EV, Mobil Pantai Yang Eyecatching

6 June 2023 | 4:00 pm | Rizky Dermawan

Kembaran dari mobil listrik mungil Citröen Ami dan Opel Rocks-e di pasar Eropa akan bertambah satu lagi. Grup raksasa otomotif Stellantis akan segera meluncurkan dalam versi Italia: Fiat Topolino.

Jika wujud Citröen Ami dan Opel Rocks-e lebih terlihat semi futuristik. Fiat Topolino mengusung gaya retro-modern. Nah, anda penasaran bukan?

Topolino, Nostalgia Mobil Mungil Italia

Sebelumnya, New 500 mungkin adalah mobil listrik terkecil dari Fiat. Namun kini tidak lagi. Topolino yang merupakan quadricycle bertenaga listrik kembaran Citröen Ami ukurannya jauh lebih imut.

Bentuknya terlihat seperti Fiat 500, namun dilengkapi dengan atap kanvas dan tanpa pintu. Desain tanpa pintu pada Topolino penghisap elektron ini mengingatkan pada mobil pantai “Spiaggina”, berasal dari kata Spiaggia yang dalam bahasa Italia artinya “Pantai”.

Lahirnya mobil pantai Spiaggina  bermula dari pesanan khusus “Big Boss” FIAT, Gianni Agnelli di tahun 1956. Mobil rancangan Pininfarina ini berbasis dari ‘city car’ Fiat 600 Multipla. Mobil ini khusus digunakan untuk mengantar tamu pribadi CEO FIAT nan eksentrik tersebut di villa dan dermaga yacht pribadinya di pesisir pantai Nice, Perancis.

Beberapa tahun kemudian, muncul model sejenis yang dipasarkan secara luas ke seantero Eropa yakni Fiat Jolly. Desain rancangan biro karoseri Ghia ini diproduksi pertamakali tahun 1958. Bentuknya yang unik membuat Fiat Jolly begitu populer dan laris manis di pasaran.

Baca juga :  Ini Dia Rimac Nevera 15th Anniversary Edition Seharga Rp 41 Miliar

Label nama Topolino merupakan julukan populer untuk model Fiat 500 generasi pertama yang diproduksi pada tahun 1936.

Desain Retro-Modern Khas Italia

Dari segi desain, Fiat Topolino EV sangat kental dengan gaya tampilan dari mobil Fiat 500 1957. Mulai dari desain headlamp bulat, atap kanvas top, dop velg ala mobil retro, hingga laburan warna pastel yang cerah dan unik.

Kemasan warna warni nan meriah pun disematkan pada area interior. Mulai dari area dashboard hingga lapisan jok tampil dengan nuansa warna yang ceria. Fiat Topolino EV memang dirancang sebagai mobil santai untuk bersenang-senang.

Apakah Speknya Serupa Dengan Citröen Ami?

Fiat Topolino EV dan juga Citröen Ami pada dasarnya merupakan sebuah quadricycle yang kurang lebih mirip mobil golf.

Mobil jenis ini dapat dikendarai di jalan raya dalam kota. Di kawasan Eropa dan Amerika Serikat, batas usia minimum pengemudi berkisar antara 14-16 tahun. Dengan demikian, ada kemungkinan Fiat Topolino EV juga bakal dipasarkan di AS yang melegalkan penggunaan kendaraan jenis ini di jalan raya. Selain itu, daratan Amerika Serikat dan wilayah kepulauan Hawaii cukup banyak memiliki kawasan wisata pantai.

Untuk saat ini pihak pabrikan belum mengungkap data teknis lengkap Topolino EV.  Meskipun demikian, diperkirakan basis platform rancang bangun yang digunakan identik dengan Citröen Ami.

Baca juga :  EV Fiat Topolino Tampil Ala Mobil Pantai

Jika memang identik, maka Fiat Topolino EV bakal dibekali dengan motor listrik penggerak berdaya 6 kW atau setara 8 hp. Pasokan daya listrik pun akan bersumber dari baterai lithium-ion berkapasitas daya 5.5 kWh.

Karena jenisnya tak beda dengan mobil golf, kecepatan maksimumnya kurang lebih 45 km/jam. Kapasitas baterainya yang kecil membuat jarak jelajah maksimumnya pun terbatas, tak lebih dari 70 km.

Stellantis belum lama ini menyuntik dana investasi sebesar €300 juta untuk meningkatkan kapasitas produksi fasilitas manufaktur Kenitra di Maroko. Ada kemungkinan Fiat Topolino EV juga akan diproduksi di tempat ini seperti halnya Citröen Ami.

Meskipun label harganya belum diumumkan, diperkirakan harga jualnya tak jauh berbeda dari Citröen Ami yang telah lebih dulu beredar di pasar Eropa. Ya, kurang lebih harga jualnya bakal berada di kisaran €7,000 atau setara Rp 112 jutaan. Itu belum termasuk insentif pembelian mobil listrik yang berlaku di sejumlah negara Eropa.

5 1 vote
Article Rating

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x