Genesis Electrified G80 Resmi Diserahkan Untuk Dukung KTT G20

25 October 2022 | 12:42 pm | Indra Alfarisy

Genesis Electrified G80 hadir untuk mendukung KTT G20. Ada varian khusus hanya untuk acara ini. 

Pemerintah Indonesia akhirnya resmi menerima kendaraan kenegaraan Genesis Electrified G80 dari Hyundai, hari ini (25/10/2022) di Jakarta. Tentunya ini untuk keperluan KTT G20 yang akan berlangsung di Bali awal November nanti. Mobil listrik yang digunakan adalah 262 buah Ioniq 5 rakitan Karawang dan 131 unit Genesis Electrified G80. Dari 131 unit tersebut terselip 44 unit G80 listrik unik. 

Unik karena Genesis Electrified G80 ini berchassis panjang. Dibuat hanya 44 unit khusus untuk kepentingan KTT G20 2022. Inilah yang akan digunakan sebagai mobil pengangkut kepala negara yang akan hadir. G80 standar sisanya disediakan untuk pendamping seperti ibu negara.

Menarik lagi, tidak ada beda spesifikasi selain tubuh G80 listrik yang lebih panjang. Dilihat dari situs Genesis, sedan mewah ini memiliki jarak tempuh lebih dari 400 km. Baterai dengan kapasitas 87,2 kW jadi sumber energi gerak motor listrik, yang terpasang di as roda depan dan belakang.

Kedua dinamo listrik itu mampu menghasilkan kekuatan setara 365 hp, dengan torsi 700 Nm.

Secara kasat mata, antara Electrified G80 biasa dan versi panjang perbedaanya ada di pilar B. Terlihat lebih tebal. Dari ukuran, G80 standar memiliki panjang 5.005 mm dengan wheelbase 3.010 mm. Varian khusus G20 lebih panjang 20 mm. Namun tidak disebutkan berapa penambahan jarak sumbu rodanya (wheelbase). Selebihnya, sama. Lebar 1.925 mm, tinggi 1.475 mm.

Baca juga :  Akhirnya, Citroën Ë-C3 Diserahkan Untuk 50 Konsumen Pertama

Tidak Dibeli Oleh Negara

Total mobil yang disumbangkan oleh Hyundai kepada Sekertariat Negara dan pasukan keamanan sekitar 500 unit yang semuanya adalah electric vehicle (EV). Mulai dari keperluan pengamanan hingga kendaraan pendukung. Termasuk Ioniq sedan, Kona dan lainnya. 

Informasi menarik lainnya adalah G80 dan Ioniq 5 ini tidak dijual kepada negara. Hyundai meminjamkan deretan EV-nya dan setelah selesai KTT, akan dikembalikan lagi. Lantas bagaimana nasib mobil-mobil ini? Erwin Djajadiputra, Sales Director Hyundai Motors Indonesia (HMID) mengatakan, “Masih dibicarakan secara internal mau diapakan mobil-mobil ini nantinya. Tunggu saja.”

Tidak banyak yang diungkap memang. Tapi melihat pengalaman yang lalu, mobil bekas KTT memang tidak pernah dibeli oleh negara. Makanya selalu dilepas ke publik dan jadi incaran kolektor. Tentunya Anda masih ingat KTT APEC 1995 yang mendatangkan mobil langka dan kerap dicari hingga sekarang.

Sepertinya Genesis ini tidak akan jauh berbeda nasibnya. Terutama yang 44 unit khusus tadi. Dan kami juga dapat rumor salah satu dealer independen di Jakarta sudah siap menampung mobil-mobil ini. Katanya…

0 0 votes
Article Rating

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x