Harga Baterai Kendaraan Listrik Naik Untuk Pertama Kalinya Dalam Satu Dekade

13 December 2022 | 3:03 pm | Indra Alfarisy

Kalau Anda mau beli mobil listrik, hybrid atau motor listrik, sepertinya sekarang adalah waktu yang paling tepat. Selain ada subsidi pemerintah untuk EV roda empat atau roda dua, sepertinya harga kendaraan macam ini akan naik lagi.

Kami mengutip BloombergNEF (BNEF) yang telah melakukan pengamatan terhadap harga baterai mobil listrik sejak 2012. Sepanjang 2022, harga baterai EV mengalami kenaikan. Tahun depan, belum terlihat naik atau turun, tapi untuk pertama kalinya sejak 2010 harga dasar sumber energi EV ini mengalami kenaikan banderol.

Harga Baterai EV

Tahun ini, harga rata-rata battery pack lithioum-ion naik tujuh persen dibanding tahun lalu, secara global. Sekarang jadi US $151/kWh. Kalau dipecah, harga battery pack sendiri rata-rata ada di US $138. Isinya, battery cell, kena biaya US $115. 

Jadi kalau, misalkan baterai mobil listrik Anda punya kapasitas 17,3 kWh, silahkan hitung sendiri berapa harga baterainya. Harga tersebut adalah untuk baterai beragam kendaraan listrik. Mulai dari motor hingga kendaraan komersial seperti bis.

Bisa Naik Lebih Tinggi

Lalu, kenapa bisa naik? Penyebabnya, apalagi kalau bukan meningkatnya harga bahan baku, komponen pendukung hingga inflasi. Menurut BNEF, perubahannya malah bisa lebih tinggi. Tapi tertahan oleh penggunaan bahan kimia yang lebih murah, Lithium iron phosphate (LFP). Serta mengurangi penggunaan bahan cobalt untuk pembuatan katoda berbasis nikel.

Baca juga :  Tarmac Tunjuk Toy Maniacs ID Jadi Showroom Resmi di Indonesia

“Kenaikan harga bahan mentah dan komponen telah menjadi kontributor terbesar terhadap harga sel baterai yang lebih tinggi, yang diamati pada tahun 2022,” kata Evelina Stoikou, Energy Storage Associate di BNEF.

Baterai EV

Anita juga menambahkan, “Di tengah kenaikan harga baterai ini, produsen baterai besar dan pembuat mobil telah beralih ke strategi yang lebih agresif, untuk melakukan aksi lindung nilai terhadap volatilitas (harga bahan baku), termasuk investasi langsung di pertambangan dan proyek penyulingan.”

Tapi, harus dicatat juga, meski harga battery pack ini naik, masih lebih murah dibanding tahun 2013. Saat itu harga battery pack adalah US $735/kWh. Setiap tahun turun, hingga tahun lalu menandai harga battery pack paling rendah sepanjang sejarah EV, US $141.

0 0 votes
Article Rating

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x