Ingat KG Mobility? Ini Produk SUV Listrik Perdana Mereka di Korea Selatan

14 April 2023 | 1:33 pm | Rizky Dermawan

KG Mobility, ya, ini adalah nama baru dari pabrikan otomotif asal Korea Selatan, SsangYong Motor. Pelopor industri otomotif di Korea Selatan ini melakukan moment ‘comeback’ di perhelatan Seoul Mobility Show 2023 beberapa waktu lalu.

Dari sederet mobil yang ditampilkan oleh KG Mobility, salah satunya yakni konsep SUV Torres EVX. Versi EV dari SsangYong Torres ini rencananya bakal segera dipasarkan sekaligus jadi model EV perdana yang dibuat oleh KG Mobility.

Tampilan Atraktif Nan Memikat

Dari segi dimensi (PxLxT) yang di angka 4.715 mm x 1.890 mm x 1.725 mm, Torres EVX sedikit lebih besar dari Nissan Rogue atau X-Trail. Kali ini desainnya atraktif, bukan membuat heran.

Untuk membedakan dari versi bermesin bensin, tampilan wajah Torres EVX dikemas ulang. Desain headlamp LED terlihat lebih ramping. Bentuk depan terlihat atraktif dengan grille beriluminasi, serta lubang intake pada bumper yang menguatkan aura sport. Belakangnya dilengkapi dengan lampu  LED unik. Kakinya diberikan pelek alloy 20 inci.

 

Interior Lapang Dan Kekinian

Kabin SUV lima penumpang ini ternyata jauh lebih lapang dari versi bensinnya. Volume ruang kargo EVX yang 839 liter. Lebih besar dari Torres yang hanya 703 liter. Nantinya bakal tersedia opsi panoramic sunroof untuk Torres EVX.

Panel dashboard dilengkapi dua layar sentuh digital 12.3-inci, terpasang dalam satu panel. Aksen motif kayu pada dashboard, kemasan kulit jok dan panel interior membuat Torres EVX terlihat mewah.

Baca juga :  Produk Hankook Sekarang Ada di Jaringan Mazda Indonesia

Performa 

Sebagai penggerak, KG Mobility membekali motor listrik berdaya 150 kW (210 hp) pada poros roda depan. Untuk saat ini hanya tersedia versi sistem gerak roda depan (FWD). Versi mesin bensin yang ada opsi sistem gerak AWD. Sayangnya tak disebutkan secara rinci perihal spek teknis mobil ini. Mungkin nanti menjelang resmi dipasarkan.

Sumber energi listrik, memanfaatkan baterai lithium iron phosphate (LFP) berdaya 73,4 kWh. Baterai ini dipasok oleh pabrikan Cina, BYD.

Berdasarkan pengujian dengan metode WLTP, jarak jelajah mobil ini mencapai 500 km untuk sekali pengisian daya baterai. Namun jika menggunakan standar siklus Korea Selatan, daya jelajahnya berada di kisaran 420 km. Angka yang terbilang lebih masuk akal. Hanya saja tak disebutkan butuh berapa lama untuk melakukan pengisian ulang daya baterai mobil ini.

SUV Elektrik Harga Terjangkau

Pada situs resmi KG Mobility, Torres EVX bakal hadir dalam dua variant trim – E5 dan E7. Tak ada perbedaan spek motor listrik maupun baterai pada keduanya. Hanya beda di kelengkapan fitur dan kemasan.

Untuk varian E5 bakal dipasarkan di Korea Selatan dengan label harga mulai dari 49,5 juta won atau setara Rp 363,3 jutaan. Sedangkan E7 dibanderol mulai 52 juta won yang setara Rp 591,7 jutaan. Selisih harga yang cukup banyak.

Dengan adanya program subsidi pembelian mobil listrik yang digelontorkan pemerintah Korea Selatan, harga jualnya bisa berkurang. Nantinya Torres EVX menjadi sekitar Rp 341,3 jutaan. Tak terpaut jauh dari Torres versi bensin yang dijual mulai dari 26,9 juta won atau sekitar Rp 306 jutaan.

Baca juga :  IONIQ 5 N Dinobatkan Sebagai World Performance Car 2024

SUV listrik ini juga akan diekspor ke Eropa. Launching di Benua Biru pun diperkirakan bakal berlangsung sekitar pertengahan tahun ini. Australia dan negara lain bakal menyusul kemudian. Indonesia? Mungkin saja…

0 0 votes
Article Rating

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x