Ini Dia Honda Prologue EV Produk Perdana Kolaborasi Honda-GM

7 October 2022 | 11:33 am | Indra Alfarisy

Honda Prologue adalah mobil penting untuk Honda dan dunia otomotif. Kenapa? 

Honda Prologue diperkenalkan kepada dunia tadi malam (6/10/2022). SUV ini berpenggerak elektrik sepenuhnya dan jadi produk penting, bukan hanya untuk Honda tapi juga General Motors (GM).

Inilah produk perdana hasil kerjasama kedua pabrikan raksasa itu. Honda Prologue memanfaatkan platform modular untuk kendaraan listrik (EV) sekaligus menggunakan teknologi baterai Ultium buatan GM. Untuk saat ini, spesifikasi lengkap belum dibuka oleh Honda. Namun dikatakan mampu menyamai performa Chevrolet Blazer EV, yang juga pakai baterai Ultium.

Prologue akan diposisikan diatas Honda CR-V, dan sementara ini hanya akan tersedia untuk pasar Amerika Serikat.  Kalau melihat dimensinya, memang cocok untuk di negara itu. Panjangnya 4.877 mm dibarengi wheelbase 3.094 mm. Lebarnya 1.989 mm dan tinggi 1.643 mm. Sangat ‘Amerika’ sekali ukurannya.

Desain Honda Prologue

Penampilannya didesain oleh Honda Design Center di Los Angeles dengan mengikuti filosofi desain Neo Rugged, yang mengedepankan kesan gagah melalui bentuk yang rapi dan minim sudut tajam. Seperti bisa Anda lihat di gambar. Mukanya dipertegas oleh panel hitam yang biasanya jadi grill. Ingat ini EV jadi tidak perlu grill berlubang. Bagian samping terlihat mulus, sedangkan belakangnya, hmm..biasa saja. 

Interiornya terlihat lebih konservatif. Tidak ada layar besar membentang dari depan pengemudi hingga ke tengah dashboard. Instrument cluster berupa layar 11 inci untuk pengemudi, dipisah dengan layar multimedia untuk penumpang yang ukurannya 11,3 inci. Kenop pengaturan AC juga yang biasa dan mudah digunakan, bukan tombol soft touch. 

Baca juga :  Vision Neue Klaase X, Pembuka Babak Baru Crossover BMW

Detil kelengkapan Honda Prologue akan diinformasikan dalam beberapa bulan ke depan. Sementara itu, Honda mengatakan mobil ini akan jadi batu lompatan sebelum melaksanakan penuh program carbon neutrality untuk semua produk maupun kegiatan Honda pada 2050. Di dalam program itu, terdapat 30 produk baru Honda yang semuanya berpenggerak listrik. 

Khusus untuk pasar Amerika Serikat, Prologue adalah bagian awal dari rencana e:Architecture yang digarap bersama GM. Setelah tahun 2026, rencananya kedua pabrikan ini akan meluncurkan mobil-mobil listrik yang memiliki harga terjangkau di kawasan tersebut. Yang suplai baterainya? Siapa lagi kalau bukan LG. 

Indra A

 

 

0 0 votes
Article Rating

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x