Isi Baterai EV Untuk 300 KM Dalam Lima Menit? Sekarang Bisa

20 September 2022 | 3:50 pm | Indra Alfarisy

Sepertinya sebentar lagi tidak perlu khawatir soal lamanya mengisi baterai EV. Pabrikan mobil Tiongkok, Geely umumkan mereka memiliki teknologi pengisian baterai 600 kW. Tentunya, angka itu menjamin pengisian baterai kendaraan listrik lebih cepat. Geely berani mengklaim pengisian untuk jarak tempuh 300 km hanya perlu sekitar lima menit. 

Teknologi pengisian ulang baterai ini dikembangkan oleh anak perusahaannya bernama Viridi E-mobility Technology (VREMT). Selain jarak tempuh, mereka juga mengklaim mampu memberikan layanan pengisian 20 persen lebih cepat dari fast charging biasa. Namun untuk saat ini, sarana isi ulang cepat ini hanya tersedia di negeri China. 

Sekedar informasi, sekarang baru ada mobil Zeekr 001 yang bisa melakukan pengisian ulang secepat ini. Zeekr adalah merek mobil yang juga ada di bawah naungan grup usaha Geely. Zeekr 001, mobil keluarga model shooting break (station wagon) dengan motor listrik dipasang pada kedua sumbu roda. Tenaganya setara 536 hp. Di China sudah dijual, untuk pasar global akan hadir tahun depan. 

Soal kemampuan pengisian ulang ekstra cepat yang dimilikinya, didapat dari penggunaan baterai bernama Qilin buatan Contemporary Amperex Technology Co. Limited (CATL). Selain mampu memberikan jarak tempuh hingga 700 km, baterai ini bisa mengisi daya untuk jarak 120 km hanya dalam lima menit. 

Baca juga :  Resmi, EV Murah Hyundai Dinamai Inster, Meluncur Akhir Bulan Ini

Baterai Qilin ini yang jadi basis sumber energi EV Geely yang akan diperkenalkan pada 2023 nanti. Tidak tanggung, jarak yang bisa ditempuh dengan sekali isi adalah 1.000 km.  

Lalu, apa yang membuat Qilin bisa memberikan daya tempuh dan kemampuan isi ulang sedemikian hebat? Menurut klaim Geely, ini adalah hasil dari pemanfaatan volume yang efisien serta kepadatan energi yang tinggi. CATL pertama kali mengumumkan mereka memanfaatkan teknologi Cell-to-Pack terbaru. Ini adalah teknologi battery pack khas CATL yang diklaim lebih baik dari pabrikan manapun, termasuk Tesla. Diklaim, baterai ini mampu memberikan tenaga 13 persen lebih besar. 

Battery pack direkayasa sehingga memungkinkan berbagai komponen, termasuk perlindungan struktural, sambungan tegangan tinggi dan ventilasi termal bekerja lebih efisien. Hasil akhirnya meningkatkan kapasitas baterai sebesar enam persen.

Indra A

0 0 votes
Article Rating

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x