Kawasaki Ninja Lepas Trah Superbike Demi e-1 dan Z e-1

19 September 2023 | 5:00 pm | Rizky Dermawan

Kejutan datang dari Kawasaki! Pabrikan ini mulai merambah pasar sepeda motor listrik dengan meluncurkan Ninja e-1 dan Z e-1. Bisa dikatakan hadirnya dua model terbaru ini sebagai tanda perubahan besar Kawasaki menuju mobilitas listrik.

Sangat jelas, Kawasaki tengah melakukan langkah strategis untuk memenuhi permintaan akan motor listrik yang meningkat terutama di Eropa dan Inggris.

Kawasaki mengambil basis dari model Ninja 400 dan Z400. Keduanya merupakan model entry-level yang tidak memiliki parameter sesuai untuk perjalanan jarak jauh bahkan oktan tinggi. Bisa dikatakan, kedua model ini setara sepeda motor bensin berkapasitas 150cc.

Inspirasi Desain

Ninja e-1 dan Z e-1 terinspirasi dari model bensin populer Kawasaki, khususnya Ninja 400 dan Z400, sehingga menjadi akrab bagi para penggemar model-model ini.

Performa Dan E-Boost

Sepeda motor listrik ini lebih dikhususkan sebagai pilihan level pemula, setara sepeda motor bensin 150cc. Kendaraan ini ditenagai motor listrik brushless yang menghasilkan tenaga 6 kW (sekitar 6,7 hp) dan dapat menghasilkan output puncak 9 kW sekitar 12 hp. Torsinya pun lumayan, 29 Nm.

Sementara fitur E-boost dapat diaktifkan menggunakan sistem saklar di setang bagian kanan. Sepeda motor listrik Kawasaki Ninja Z E1 menawarkan output maksimum 9 kW (12 hp) dan kecepatan tertinggi 99 km/jam dengan menekan tombol selama 15 detik.

Baca juga :  GAC AION Segera Meluncur di Indonesia, Merek Apa Lagi Ini?

Instrumen Kluster

Kluster instrumen TFT 4.3-inci menawarkan tata letak yang beragam dan menyediakan informasi kepada pengendara. Yang menarik, terdapat dua mode daya (Road dan Eco) serta mode Walk untuk parkir menambah kenyamanan dalam pengalaman berkendara.

Baterai dan Jarak Tempuh

Sepeda listrik ini dilengkapi dengan dua set baterai Li-ion yang dapat dilepas dan menawarkan jarak tempuh gabungan 66 km dengan pengisian penuh. Waktu pengisian cepat 3,7 jam untuk pengisian penuh dan 1,6 jam untuk mencapai pengisian 20-80 persen membuatnya praktis untuk digunakan harian.

Kerangka dan Berat

Dengan kerangka trellis baja, garpu teleskopik 41 mm, dan suspensi mono-shock, kedua model ini memberikan stabilitas dan kenyamanan. Beratnya di bawah 140 kg, membuatnya jauh lebih ringan daripada model berbahan bakar biasa (ICE).

Layaknya sepeda motor listrik, Kawasaki Ninja E1 dan Z E1 menawarkan pengoperasian tanpa kopling alias matik. Anda cukup memutar handle gas dan melaju dengan dua mode berkendara, yakni Road dan Eco.

Yang menarik bagi pengendara dengan ukuran badan standar dapat menikmati mode Walk pada Ninja E1 dan Z E1. Fitur standar ini sangat membantu Anda dalam memindahkan posisi motornya untuk maju dan mundur dengan kecepatan rendah, sangat berguna saat parkir.

Kawasaki tetap menggunakan corak khas Metallic Bright Silver dan Metallic Matte Lime Green untuk Ninja E1 dan Z E1. Dan untuk kelancaran perjalanan, Kawasaki berencana menyiapkan tempat pengisian daya untuk baterai ini selain pengisian daya di rumah atau di kantor Anda.

Baca juga :  Speedster BYD Fang Cheng Bao Super 9 Yang Bikin Penasaran

Berbagai aksesoris juga direncanakan. Termasuk opsi jok Kawasaki Ergo-Fit agar motor ini lebih nyaman digunakan harian.

Bagi kami, ini adalah kesedihan mendalam. Sebagai legenda, Kawasaki Ninja harus melepaskan trah Superbike-nya menjadi sebuah motor ‘bersih’ seperti ini…

5 1 vote
Article Rating

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x