Kisah Sukses Hyundai Ioniq 5 N Merajai Pikes Peak 2024

28 June 2024 | 10:03 am | Rizky Dermawan

Perhelatan balap adu cepat Pikes Peak pada akhir pekan lalu di AS jadi momen penting bagi Hyundai.

Mobil yang diterjunkan pada dua kategori kelas yang diikuti oleh tim Korea Selatan ini berhasil tampil gemilang. Bahkan memecahkan rekor waktu tercepat pada balap Pikes Peak yang ke-102 tahun ini. Ya, Pikes Peak adalah balap rally mobil tertua di AS dan dunia. 

Satu unit crossover EV Ioniq 5 N berlaga di kategori Stock Production SUV/Crossover untuk mobil versi standar pabrikan dan dua unit spek modifikasi berlaga di kategori Electric Modified TA (Time Attack) Spec.

Tak ada yang mengira jika Hyundai Ioniq 5 N bakal mampu melibas trek berliku mendaki pegunungan maha ekstrim sepanjang 20 km di Pikes Peak International Hill Climb.

Rekor Dilibas

Salah satu Hyundai Ioniq 5 N yang berlaga di sesi Time Attack dipiloti pereli WRC Dani Sordo berhasil memecahkan rekor catatan waktu tercepat. Mobil  ini tampil dengan bodykit ekstrem. 

Setelan balap spek khusus trek pegunungan yang dibekalkan berbuah manis. Sordo berhasil memecahkan rekor waktu tercepat yakni 9 menit 30,852 detik! Trek menanjak dan berkelok tiada henti sepanjang 20 km dilibas tak sampai 10 menit. 

Tak hanya menjadi juara di kelas Exhibition, tapi juga menorehkan rekor waktu baru di kelas Electric Modified. Pereli veteran Randy Pobst harus puas berada di urutan dua. Ia tertinggal 25 detik di belakang Sordo dengan catatan waktu 9 menit 55,551 detik.

Baca juga :  Presale 2 Tiket IMX 2024 Ludes Diborong

Hyundai Ioniq 5 N versi standar pabrikan pun tak kalah garang di Pike’s Peak. Mobil yang dipiloti pereli pemula, Ron Zaras menjadi yang tercepat di kategori electric production SUV/crossover. Catatan waktunya 10 menit 49,267 detik.

Gagal Ikut

Hyundai seharusnya menerjunkan dua Ioniq 5 N  untuk kategori spek standar pabrikan. Hanya saja mobil yang dikendarai stunt driver Paul Dallenbach mengalami kecelakaan saat sesi latihan.

Meskipun urung berlaga, namun Dallenbach berhasil membukukan catatan waktu 10 menit 33,86 detik pada sesi uji pra balap. Catatan waktunya bahkan jauh lebih cepat dari yang diraih Ron Zaras.

Hanya selisih tipis dari rekor bertahan di kelas standar pabrikan yakni 10 menit 32, 064 detik. Rekor ini masih dipegang oleh Lamborghini Urus Performante yang dibukukan pada Pikes Peak 2022. Hyundai Ioniq 5 N berhasil membuktikan kedigdayaannya. Bravo…!

 

5 2 votes
Article Rating

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x