Kolaborasi Honda dan Pertamina Guna Riset Penggunaan EV

14 August 2023 | 5:30 pm | Aldi Prihaditama

Hari ini (14/08/23), PT Honda Prospect Motor (HPM) resmi menjalin kerjasama dengan Pertamina Patra Niaga dan Pertamina New Renewable Energy, untuk menjalankan riset penggunaan mobil listrik dalam kegiatan niaga di perkotaan. Melalui kerjasama ini, Honda akan menyediakan 1 unit Honda N-Van EV Prototype.

Seperti yang ditampilkan di booth Honda selama pameran Gaikindo Indonesia International auto show (GIIAS) 2023, Honda N-Van ialah sebuah prototipe mobil listrik terbaru dari Honda. Mobil listrik ini akan digunakan untuk mendukung mobilitas pengantaran barang dari gudang ke unit-unit Bright Store (unit usaha retail milik PT Pertamina Retail, sekaligus anak usaha Pertamina Patra Niaga) di area Jakarta dan sekitarnya.

Studi pengumpulan data bagi kedua pihak

Peresmian kerjasama ini ditandai dengan penandatangan Joint Study Agreement yang dilakukan oleh Kotaro Shimizu selaku President Director PT Honda Prospect Motor dan Dannif Danusaputro selaku Direktur Utama Pertamina New & Renewable Energy (Pertamina NRE). Turut serta Riva Siahaan selaku Direktur Utama Pertamina Patra Niaga.

Tujuan utama dari kerjasama ini adalah untuk mengumpulkan data dan pengalaman terkait penggunaan mobil listrik, terutama dalam kegiatan komersil. Berbagai aspek akan diteliti dalam kerjasama studi ini, termasuk reliabilitas baterai, proses pengisian ulang, kenyamanan, dan kepraktisan mobil Honda N-Van EV Prototype dalam kegiatan pengantaran barang di area perkotaan.

Baca juga :  Suzuki Carry Terus Jadi Angkutan Umum Berstandar Nasional

Akan berlangsung selama 4 bulan

Kerjasama untuk riset ini akan berlangsung hingga 4 bulan, dimana mobil EV ini akan dioperasikan selama 6 hari dalam seminggu, guna mengirimkan logistik dimulai dari gudang penyimpanan barang Pertamina Retail ke 14 lokasi Bright Store di area Jakarta dan sekitarnya. Hasil riset ini diharapkan dapat memberikan pemahaman yang lebih mendalam tentang potensi mobil listrik sebagai solusi ramah lingkungan dan efisien untuk kegiatan logistik dan distribusi.

Lebih dalam mengenai Honda N-Van EV Prototype, mobil ini merupakan pengembangan dari model mobil Honda N-Van, salah satu model kendaraan komersial yang sangat sukses dari Honda. Pertama kali diperkenalkan di pasar Jepang pada tahun 2018, N-Van tidak hanya banyak untuk penggunaan pribadi, tetapi untuk memenuhi kebutuhan mobilitas dalam kegiatan bisnis dan niaga. Khususnya dalam hal pengantaran barang. Honda N-Van sendiri memiliki desain yang kompak dan lincah, terlebih lagi ruang bagasi yang mudah digunakan, sebab absennya pilar tengah di sisi penumpang.

Selain itu, Honda telah menetapkan visi untuk mewujudkan netralitas karbon untuk semua produk dan aktivitas perusahaan pada tahun 2050. Termasuk rencana memperkenalkan hingga 30 mobil berbasis listrik secara global pada tahun 2030, dengan volume produksi mencapai 2 juta unit setiap tahunnya.

5 1 vote
Article Rating

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x