Mengenal Hyundai Ioniq 6, Fastback Fenomenal Yang Dinantikan

10 October 2022 | 8:30 pm | Rizky Dermawan

Hyundai Ioniq 6 laris dipesan puluhan ribu unit. Mencetak rekor baru dalam penjualan Hyundai EV. 

Hyundai IONIQ 6 menjadi salah satu mobil yang kerap diperbincangkan serta diulas oleh berbagai media otomotif global selama beberapa bulan belakangan ini. Desainnya memikat. Lebih menawarkan perpaduan antara Porsche Taycan, Audi TT RS serta VW Beetle. Bahkan 24 jam setelah peluncurannya, IONIQ 6 diklaim berhasil membukukan pemesanan sebanyak 37.446 unit. Melampaui rekor IONIQ 5 (23.760 unit) dan Kia EV6 (21.000 unit). Luar biasa!

Platform E-GMP (juga digunakan pada Kia EV6 dan Genesis GV60) jadi basis Hyundai Ioniq 6. Menggunakan cukup banyak fitur terkini dari saudara satu platformnya itu. Contohnya adalah teknologi baterai Lithium Long Range berdaya 77,43 kWh yang diadopsi dari IONIQ 5. Diklaim mampu membuat mobil ini menjelajah hingga lebih dari 610 km. Tentunya dengan kapasitas daya baterai terisi penuh.

Sistem motor listrik yang digunakan pada mobil ini pun diadopsi dari Ioniq 5, namun dengan sejumlah penyesuaian. Setidaknya, IONIQ 6 akan ditawarkan dalam dua varian yakni penggerak listrik tunggal di roda belakang (RWD) dan motor listrik ganda yang menjadikannya mobil AWD.

Sistem Charging IONIQ 6

Yang sedikit membedakan dari IONIQ 5 ada pada sistem pengisian ulang baterai yang dilengkapi kemampuan multi-charge. Hyundai IONIQ 6 dapat melakukan pengisian ulang daya baterai menggunakan fast charger CCS berarus listrik DC dengan daya hingga 350 kW. Pengisian cepat ini bekerja pada tegangan listrik 400 maupun 800 volt. Pengisian kapasitas daya baterai dari 10 hingga 80 persen hanya butuh waktu 18 menit. Cukup cepat.

Baca juga :  Zeekr Hadir di Indonesia, Tidak Biasa Namun Siap Menggoda

Sementara dari sisi fitur berkendara, mobil ini akan mengusung variasi fitur yang tak jauh berbeda dengan IONIQ 5. Mulai dari fitur infotaintment berlayar digital 12.3-inci yang dilengkapi koneksi Apple CarPlay maupun Android Auto hingga teknologi sistem keselamatan berkendara seperti Highway Driving Assist 2, Remote Smart Parking 2. Dan yang paling keren adalah fitur mirror camera yang dapat merekam foto maupun video.

Untuk pasar domestik Korea Selatan, IONIQ 6 akan mulai diproduksi paling cepat di penghujung tahun ini. Sementara untuk harga jual pasar AS memang belum diumumkan secara resmi, namun diperkirakan tak akan terpaut jauh dari IONIQ 5 yang label harganya mulai dari $40.000-an (off-the road).

Tentunya harga jual maupun fitur yang dibekalkan akan bervariasi antara pasar domestik Korea Selatan maupun spek pasar global, termasuk Amerika Serikat. Untuk pasar domestik Korea Selatan sendiri, mobil ini dibanderol mulai dari 52 juta Won atau setara Rp 575 juta.

Bagaimana dengan para pecinta IONIQ di Indonesia? Siap merogoh kocek lebih dalam untuk meminangnya?

 

 

 

 

0 0 votes
Article Rating

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x