Mercedes-Benz eActros Tampil Perdana

21 September 2022 | 4:45 pm | Rizky Dermawan

Mercedes-Benz menggebrak lagi dengan truk berat eActros bertenaga listrik. 

Setelah tampil perdana pada tahun 2020 lalu, akhirnya konsep truk bertenaga listrik Mercedes-Benz eActros kini menjelma menjadi prototype pra produksi. eActros yang akan melengkapi keluarga besar Actros, saat ini tengah dipamerkan di ajang IAA Transportation 2022 yang berlangsung pada 20 – 25 September 2022 di Hanover, Jerman

Tampilannya yang semi futuristik terlihat sangat keren. Kami suka bentuk Mercedes-Benz eActros ini. Namun bukan mustahil akan mengalami perubahan saat mulai masuk jalur produksi. Demikian pula dengan spesifikasi teknis yang masih terdapat kemungkinan mengalami revisi.

Bicara spesifikasi, pada sektor sistem pengerak akan dibekali dengan motor listrik e-axle generasi terbaru dengan output daya 400 kW (setara 536 hp). Bahkan untuk jangka waktu pendek, motor penggerak dapat menghasilkan daya hingga 600 kW (setara 805 hp) semacam boost tenaga seperti pada perangkat turbo. Mana tahu supirnya perlu mendahului truk ODOL. 

Kemampuan eActros

Dengan baterai berbahan lithium iron phosphate berkapasitas 600 kWh, eActros diklaim mampu menjelajah hingga sejauh 500 km dengan sekali pengisian ulang daya baterai.

Pihak pabrikan saat ini tengah mengembangkan stasiun pengisian ulang daya baterai khusus yang dapat melakukan pengisian ulang cepat untuk baterai kapasitas besar. Diklaim pengisian ulang baterai dari level 20 persen hingga 80 persen pada truk eActros nantinya hanya butuh waktu 30 menit.

Baca juga :  Jalan Jauh? Tenang Saja, Neta V-II Punya Banyak Fitur ADAS

Truk eActros menurut rencana akan mulai diproduksi pada tahun 2024 mendatang. Nantinya, eActros akan menjadi truk bertenaga listrik pertama yang diproduksi bersama truk konvensional lainnya di pabrik perakitan truk Mercedes-Benz di Wörth am Rhein, Jerman.

Kendati merupakan truk bertenaga listrik, namun pihak Mercedes-Benz mengklaim bahwa produk ini dirancang untuk dapat digunakan hingga 10 tahun. Dengan jarak tempuh operasional lebih dari 1,2 juta km, seperti halnya truk konvensional Mercedes-Benz lainnya.

Rizky Vox

 

0 0 votes
Article Rating

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x