MG Cyberster, Roadster EV Pertama Dengan Harga Terjangkau di Dunia

12 May 2023 | 5:44 pm | Rizky Dermawan

MG, merupakan merek mobil sport Inggris yang diakuisisi oleh perusahaan Tiongkok SAIC. Ini terjadi setelah MG Rover di Longbridge bangkrut pada tahun 2005. Kini, mereka  mulai mengambil langkah besar dengan meluncurkan roadster listrik sport bernama MG Cyberster, di London yang akan hadir tahun depan.

Bulan lalu, mobil ini sempat tampil di ajang Shanghai Auto Show 2023. Namun masih sebagai konsep hampir produksi. Mobil ini menjadi All-new roadster sport pertama yang mengusung emblem octagonal ikoniknya sejak digunakan roadster MG F di tahun 1995 silam.

MG mengklaim, mereka akan menjadi produsen pertama di dunia yang menjual mobil roadster listrik dengan harga terjangkau. Nantinya, Cyberster akan tersedia dalam dua model, dengan harga awal sekitar £55.000 untuk versi RWD bermesin 309 hp, Model kedua, mencapai harga sekitar £65.000 untuk versi AWD dual motor, bertenaga 536 hp.

Awalnya mobil ini direncanakan sebagai pengganti MG TF (versi yang dikembangkan dari MG F). Kebutuhan untuk membawa baterai traksi besar dan ukuran wheelbase yang panjang membuat dimensi Cyberster lebih menyerupai sebuah BMW Z4.

Roadster listrik ini hanya akan dibuat dengan konfigurasi 2-penumpang yang dilengkapi atap lipat elektrik. Kabinnya makin lebar dan luas berkat absennya mesin di depan. Posisi baterai terletak di sasis dengan prinsip ‘skateboard’.

Baca juga :  Hyundai Palisade XRT Dipasarkan, Harga Lebih Dari Rp 1 Milyar

Seperti halnya eksterior Cyberster, desain interior juga lahir dari studio MG yang berbasis di London. Interior mewah dan instrumentasinya terinspirasi oleh tren game kontemporer, dan gaya pintu guntingnya menampilkan kesan yang disebut “Sensasi Dramatikal”.

Direktur desain MG, Carl Gotham, sebagai kepala tim desain, sangat menyadari perubahan ukuran Cyberster. Meski begitu, ia percaya mobil ini sangat sesuai dengan ukuran terbarunya dan cocok untuk para pengemudi mobil sport masa kini.

Ia juga mengatakan bahwa Cyberster akan mewakili gaya desain untuk model MG berikut di masa depan. MG masih terus fokus untuk model SUV dan estate, namun kemungkinan akan ada model sport lainnya.

Direktur komersial MG Inggris, Guy Pigounakis mengatakan jika MG “dibanjiri” permintaan. Mulai calon pembeli hingga dealer-dealer MG Inggris yang berjumlah sekitar 150 dealer sangat antusias dengan kehadiran Cyberster.

 

0 0 votes
Article Rating

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x