MINI Countryman EV, Minimalis Dengan Ukuran Maksimal

2 September 2023 | 12:00 pm | Indra Alfarisy

Selain Cooper EV, diperkenalkan MINI Countryman EV. Inilah MINI pertama yang dirakit di Jerman, sekaligus jadi mobil paling besar yang ada di jajaran mereka. 

Ukuran panjangnya 4.443 mm, lebar 1.843 mm dan tinggi 1.656 mm. Mobil ini akan debut bersama Cooper elektrik tanggal 5 September nanti. Variannya ada dua: E dengan jarak tempuh 462 km, serta SE All4 yang diklaim mampu mencapai 433 km. 

MINI COuntryman EV 2024

Sebagai penggerak, Countryman E dibekali motor listrik tunggal (FWD) bertenaga 201 hp. Torsinya mencapai 250 Nm. Kemampuan akselerasi 0-100 km/jam diklaim 8,6 detik dengan top speed 170 km/jam. Baterai yang dipakai tidak disebutkan berapa di rilis yang mereka kirim, tapi MINI pernah mengeluarkan teaser yang mengatakan 54 kWh. 

Sedangkan SE All4 yang lebih mahal dan bertenaga memiliki dua motor listrik bertenaga 308 hp dengan momen puntir puncak 494 Nm. Sprint 0-100 km/jam dikatakan hanya 5,6 detik. Lagi-lagi baterainya tidak disebutkan, tapi pernah dikatakan 64 kWh.  Yang pasti, keduanya mampu mengamkomodir pengisian cepat hingga 130 kW. Isi ulang normal (AC) hingga 22 kW. 

Desain Unik

Secara desain, Anda tidak akan salah kalau ini adalah MINI Countryman. Terlihat macho berkat posturnya yang tinggi. Lekukan di sekeliling body terlihat dinamis, sementara grill oktagonal mirip dengan milik Cooper listrik. Di balik grill ini hadir radar untuk driving assistance level 2. Sepasang lampu depan yang juga sudah berteknologi LED. Lengkap dengan DRL yang warnanya bisa dikonfigurasi dengan tiga pilihan warna.

Baca juga :  Mini Countryman EV Yang Makin Bongsor, Mulai Dijual di Indonesia

Interior EV COuntryman

Di kabin, seperti Cooper EV, Countryman juga dibekali dashboard minimalis. Layar OLED bundar jadi hal yang dominan. Tatanannya mirip dengan versi hatchback. Sederhana tapi enak dilihat. Sistem operasi infotainment mengandalkan MINI OS 9.

MINI Countryman EV ini mampu menampung lima orang di kabinnya. Selain dilengkapi panoramic roof, crossover ini mampu memiliki bagasi dengan kapasitas 460 liter. Lipat jok belakang dan kapasitasnya naik jadi  1.450 liter. Praktis untuk penggunaan harian. 

Countryman dan Cooper EV

Countryman EV akan mulai diproduksi di pabrik BMW Leipzig pada akhir tahun ini. Waktu penjualan sepertinya akan bersamaan dengan MINI Cooper electric. Kita tunggu saja, mobil ini sepertinya menarik. 

 

 

 

0 0 votes
Article Rating

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x