Mobil Klasik Renault Digarap R-FIT Untuk Konversi Jadi Mobil Listrik

4 February 2023 | 6:00 pm | Rizky Dermawan

Mengkonversi mobil klasik menjadi mobil bertenaga listrik saat ini mulai menjadi trend baru di Eropa. Pabrikan otomotif asal Prancis, Renault bahkan menggandeng R-FIT untuk melakukan konversi mobil klasik Renault, khususnya model Renault 4L dan Renault 5.

R-FIT merupakan merek dagang komersil dari MCC Automotive yang berpusat di Cassis, sebuah kota kecil di pesisir pantai Mediterania yang terletak di Timur kota Marseille, Prancis.

Perusahaan teknologi otomotif ini telah merintis pengembangan sistem dan konversi mobil listrik sejak tahun 2016 silam. Mobil klasik yang mereka garap antara lain Citroën 2CV dan Renault 4L.

Contoh mobil klasik Renault 4L “Quatrelle” yang telah dikonversi oleh R-FIT menjadi mobil listrik saat ini tengah dipamerkan di Porte de Versailles, Paris dalam pameran mobil klasik 47th Salon Rétromobile 2023 yang berlangsung pada 1-5 Februari 2023.

Kerjasama berjuluk “L’hexagone” dengan R-FIT ini sejalan dengan rencana peluncuran mobil listrik Renault 4 dan Renault 5 pada tahun 2024 mendatang. Pada konversi yang dilakukan R-FIT, mesin lawas bawaan mobil diganti dengan motor listrik sebagai penggerak. Seluruh pengerjaan dilakukan di workshop R-FIT.

Tak disebutkan secara spesifik berapa output tenaga yang dihasilkan oleh motor listrik yang dibekalkan oleh R-FIT. Hanya disebutkan setara performa mesin aslinya yang di kisaran 20-30 hp.

Baca juga :  Fakta Menarik Zeekr X, Crossover Yang Bakal Masuk Indonesia

Motor listrik penggerak dipadukan dengan transmisi dan gardan bawaan mobil.

Renault 4L versi konversi ini kecepatan maksimumnya pun diklaim tak jauh berbeda dari mesin aslinya yang mampu mencapai 120 km/jam.

Para konsumen dapat memilih untuk menyimpan mesin asli bawaan mobil mereka. Dan dapat dipercayakan kepada R-FIT untuk direbuild dan komponen yang masih bagus bisa dimanfaatkan kembali sesuai kondisi mesin.

Pasokan listrik bersumber dari baterai lithium-iron phosphate (LFP) berkapasitas daya 10.7 kWh. Dalam kondisi penuh, anda dapat berkendara antara 80-90 kilometer. Pengisian ulang daya baterai menggunakan charger 220V butuh waktu sekira 3,5 jam.

Sayangnya, R-FIT tak menyediakan sistem buatan mereka dalam bentuk kit konversi di pasar bebas. Para pemilik mobil klasik Renault harus datang langsung ke workshop R-FIT untuk melakukan pengerjaan konversi menjadi mobil listrik.

Sungguh betapa beruntungnya para pemilik mobil klasik Renault di Prancis. Tentunya agak merepotkan bagi para pemilik mobil klasik di luar Prancis jika harus membawa mobil mereke ke workshop R-FIT di Cassis.

Untuk menuju kota Cassis yang jaraknya sekitar 822 km dari Paris, setidaknya anda harus berkendara selama lebih dari 14 jam perjalanan dengan Renault 4 anda.

Ongkos instalasi berikut paket lengkap perangkat konversi menjadi mobil listrik dikenakan biaya sekitar €11.900 atau setara Rp 148 jutaan. Cukup mahal juga biayanya, bahkan lebih mahal dari harga mobilnya yang rata-rata berada di kisaran €3.000 – €5.000.

Baca juga :  Interior Gelap Chery Omoda E5, Lebih Mantap!

Mungkin inilah yang jadi penyebab mengapa R-FIT tak memproduksi dan memasarkan teknologi kit konversi mereka secara massal.

Tak hanya untuk mobil klasik Renault saja. R-FIT juga menyediakan paket konversi untuk mobil klasik Citroën 2CV. Sementara untuk model Renault 5 baru akan dipasarkan mulai bulan September 2023 mendatang. Bahkan rencananya R-FIT juga akan meluncurkan versi untuk Renault Twingo sekira tahun 2024 mendatang.

 

0 0 votes
Article Rating

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x