Pabrik DFSK Disiapkan Untuk Produksi Kendaraan Listrik

22 November 2022 | 2:35 pm | Rizky Dermawan

DFSK terus mengembangkan berbagai kendaraan listrik yang sesuai dengan kebutuhan konsumen.   Untuk itu, pabrikan asal China ini menyiapkan fasilitas produksi kendaraan listrik untuk memenuhi kebutuhan dalam dan luar negeri demi mengikuti permintaan konsumen yang menginginkan kendaraan ramah lingkungan.

Saat ini, fasilitas pabrik DFSK berlokasi di Cikande, Banten yang memproduksi berbagai jenis kendaraan, mulai dari kendaraan internal combustion engine (ICE) hingga kendaraan listrik. DFSK juga mengklaim sudah mengadopsi berbagai teknologi produksi terkini dan modern sehingga memenuhi status sebagai industri 4.0.

“Kendaraan listrik telah menjadi salah satu agenda DFSK saat memulai bisnis di Indonesia, dan perlahan kami akan terus mempersiapkannya. Kini DFSK sudah memiliki modal besar dalam hal produksi kendaraan listrik, yakni pabrik di Cikande, dan diharapkan bisa segera menghasilkan kendaraan-kendaraan yang diinginkan konsumen,” ungkap Marketing Head PT Sokonindo Automobile, Achmad, Rofiqi.

Secara keseluruhan, pabrik DFSK yang berdiri sejak 2017 tersebut memiliki kapasitas produksi hingga 50 ribu unit per tahun. Kapasitas ini bisa diatur secara fleksibel karena kemampuan produksi yang didukung dengan teknologi robotik dan sumber daya manusia (SDM) yang terlatih.

Teknologi robotik yang diusung Pabrik DFSK telah mencapai 90 persen untuk proses produksi. Teknologi ini mengadopsi lengan robotik yang mendapatkan dukungan operasi otomatis melalui pemanfaatan internet untuk koordinasinya. Penggunaan teknologi robotik ini berfungsi untuk memaksimalkan kualitas pengerjaan SDM DFSK dalam menghasilkan kendaraan listrik nan aman, bisa diandalkan, canggih, serta kompetitif di pasar.

Baca juga :  IONIQ 5 N Dinobatkan Sebagai World Performance Car 2024

DFSK sudah memproyeksikan pabrik di Indonesia ini akan melahirkan kendaraan listrik dalam beberapa tahun ke depan. Langkah ini juga sejalan dengan rencana pemerintah dalam mengembangkan ekosistem kendaraan listrik untuk menghadirkan lingkungan yang lebih bersih serta berdaya saing internasional.

“Pemanfaatan fasilitas perakitan DFSK di Cikande akan membuat harga jual kendaraan listrik kami akan lebih terjangkau dari sebelumnya. Selain itu, penggunaan komponen lokal untuk meningkatkan TKDN juga akan memberikan stimulus bagi industri pendukung otomotif,” pungkas Rofiqi.

0 0 votes
Article Rating

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x