Sinar Mas Land Sediakan Transportasi Masa Depan di Kawasan BSD

10 October 2022 | 12:00 pm | Rizky Dermawan

Untuk terus berkontribusi dalam Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs), Sinar Mas Land dikabarkan menghadirkan berbagai inovasi. Tujuannya untuk mengembangkan kota pintar  yang lebih ramah lingkungan dan berkelanjutan termasuk pengoperasian autonomous electric vehicles (AV) pertama di Indonesia dalam kawasan BSD City.

Inisiatif ini merupakan kelanjutan dari kemitraan strategis antara Sinar Mas Land dan Mitsubishi Corporation. Kegiatan ini didukung pendanaan dari JICA, Mitsubishi Corporation bersama dengan MACNICA Inc. yang telah berhasil melakukan uji coba tahap pertama Navya Autonom Shuttle. Pengujian berlangsung di QBig BSD City pada bulan Mei hingga Juli lalu. Selanjutnya uji coba akan berlanjut di kawasan BSD Green Office Park (GOP) pada 27 Agustus 2022 hingga 5 Januari 2023 mendatang.

Upaya tersebut mendapat perhatian dari Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi. Ini karena dinilai mampu mewujudkan transportasi masa depan bagi pembangunan kota pintar yang sustainable di tanah air. Pada peresmian uji coba AV tadi, beliau juga menyampaikan harapannya agar inovasi teknologi terbaru ini dapat dipamerkan di G20 Summit yang akan diselenggarakan di Bali pada November 2022.

Apa itu Navya Autonom Shuttle?

Navya Autonom Shuttle adalah kendaraan yang memiliki penggerak listrik dengan battery pack berkapasitas 33 kWh. Baterai ini dapat bertahan selama 9 jam. Dengan kapasitas 15 penumpang dengan pembagian 11 duduk dan 4 berdiri, Navya Autonom Shuttle dilengkapi dengan beragam sensor.

Baca juga :  Neta Bawa SUV Baru di GIIAS 2024

Mulai dari pemanfaatan GNSS (Global Navigation Satellite Systems), dan sensor LIDAR (Light Radar) yang digabungkan dengan kamera resolusi tinggi untuk analisa data, agar dapat mendeteksi, melacak dan mengklasifikasi halangan di sekitarnya, secara real time. Hal tersebut demi menentukan lintasan dan profil kecepatan yang optimal, termasuk kemampuan akselerasi, kemudi, dan pengereman secara otomatis.

Chief Digital Tech Ecosystem & Development Sinar Mas Land, Irawan Harahap mengatakan, “Perkembangan ekosistem kendaraan listrik tanpa awak ini memperkuat semangat untuk mewujudkan komitmen Sinar Mas Land dalam menjawab solusi akan kendaraan yang rendah emisi karbon. Serta mendorong kehidupan yang berkelanjutan. Kecanggihan fitur yang dimiliki AV ini juga merefleksikan gaya hidup yang akan kami hadirkan di BSD City dalam transformasi kota mandiri sebagai smart integrated digital city, khususnya di ekosistem Digital Hub yang sarat dengan kegiatan teknologi digital.”

Pada uji coba tahap kedua di BSD Green Office Park, AV tetap beroperasi setiap hari Selasa-Minggu pukul 10.00 hingga 17.00 WIB. Masyarakat umum dapat mencoba kendaraan listrik otonom ini secara gratis tanpa dikenakan biaya tambahan apapun. Calon penumpang perlu melakukan pendaftaran dan mengisi survei sebelum dan sesudah menikmati kendaraan, melalui aplikasi OneSmile yang tersedia di Apple App Store maupun Google Playstore.

Rizky Vox

 

0 0 votes
Article Rating

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x