Suzuki eVX Mulai Uji Jalan, EV Pertama Suzuki Seukuran Honda HR-V

25 June 2023 | 7:35 am | Indra Alfarisy

Ini bukan Suzuki Grand Vitara yang kena tabrak. Maruti Suzuki akan segera hadir dengan produk mobil listrik terbaru. Berbasis mobil konsep Suzuki eVX, kendaraan setrum yang akan dirakit di India ini terlihat dalam bentuk prototype yang sedang melakukan uji jalan di Polandia. Suzuki eVX adalah produk kerjasama antara Maruti Suzuki dan Toyota.

eVX akan jadi produk bersama antara Suzuki dan Toyota.

Melihat bentuk mobil yang tertutup kamuflase yang berantakan, beberapa elemen desain dari eVX Concept masih bisa dilihat. Bagian depannya memiliki moncong yang flat, sementara belakang agak diperhalus. Pinggang belakang terlihat lebar dan maskulin, mengingatkan kami pada Nissan Juke gen 1. Namun pelek yang digunakan tidak bisa dipastikan apakah ini yang akan digunakan nanti. Selain itu, kalau diperhatikan di spion, ada kamera 360.

interior suzuki eVX

Sementara interiornya, yang ditutupi ketat menampilkan setir dengan flat bottom (rata di bgaian bawah) dan layar besar berisi instrument cluster dan infotainment. Tampak juga jok dengan pengaturan elektrik dan konsol tengah yang minim tombol.

 

Menurut beberapa media di India, eVX ini akan punya panjang sekitar 4.300 mm dan wheelbase 2.700 mm. Perkiraan kami, akan masuk di kelas SUV ringkas macam Honda HR-V atau Hyundai Creta.

mobil konsep suzuki evx

Seperti apa kemampuannya? Kalau berkaca pada mobil konsep Maruti Suzuki eVX, mereka pernah bilang kalau mobil konsep tersebut punya baterai 66 kWh dengan jarak tempuh maksimal 550 km. Untuk versi produksi nanti, belum diketahui. Tapi tidak mengejutkan kalau memang bisa mencapai 500 km. Media di India juga mengatakan, akan ada versi entry level dengan baterai lebih kecil, 49 kWh dengan jarak tempuh 400-an km.

Baca juga :  Vespa World Days 2024 Dihadiri Tiga Puluh Ribu Vespisti

 

Mobil ini direncanakan akan debut dunia pada 2025 nanti. Dirakit oleh fasilitas Maruti Suzuki di Gujarat, India. Namun penjualannya dipastikan untuk pasar global. Apakah mereka sanggup? Entah. Tapi kalau melihat mobil ini diuji di Krakow, Polandia, sepertinya pabrik Toyota di tempat itu juga akan merakitnya.

Sumber Foto

0 0 votes
Article Rating

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x