Toyota bZ Sedan Akan Coba Goyang Tesla Model 3

23 September 2022 | 1:45 pm | Indra Alfarisy

Sedan listrik Toyota bZ Sedan akan segera hadir untuk menjegal Tesla Model 3. Tapi mereka tidak sendirian. 

Toyota memang agak lambat untuk masuk ke pasar kendaraan listrik murni. Namun bukan berarti mereka diam saja. Bahkan bisa dikatakan pergerakannya sekarang lumayan signifikan dengan menghadirkan platform E-TNGA khusus untuk mobil listrik. Toyota bZ4X, SUV pertama mereka untuk segmen ini, sudah diperkenalkan dan segera delivery. Kini, akan hadir lagi Toyota bZ Sedan yang membidik langsung Tesla Model 3.

Namun belum untuk semua pasar otomotif dunia. Pertama, mereka akan mengganggu pasar Model 3 di negeri China dulu. Pabrikan Jepang ini memang tidak secara resmi mengumumkan kehadiran Toyota bZ Sedan di sana tahun depan, tapi menurut Autocar, di negeri Tirai Bambu pasar sedan sporty sedang mekar-mekarnya. Tidak heran Toyota akan tergiur.

Toyota bZ Sedan Tidak Sendirian

Namun mereka tidak sendirian dalam menggoyang Tesla sedan di China. VW akan meluncurkan ID 6, Hyundai punya Ioniq 6, belum lagi Kia EV6. Dari pabrikan setempat sendiri ada BYD Seal, Nio ET5. Agak mahal sedikit ada Zeekr 001 dengan kemampuan baterai yang menghebohkan itu.

Khusus BYD Seal, ini agak menarik. Karena mobil tersebut, dengan bZ Sedan akan menggunakan baterai yang sama bikinan BYD. Namanya Blade Battery. Kelebihannya, ukuran lebih compact serta bisa lebih tahan lama. Macam Duracell sepertinya. BYD mengklaim baterai ini juga lebih tahan panas. Ini akan menghasilkan mobil sedan dengan interior yang lebih lega dan fleksibel.

Baca juga :  Akhirnya, Citroën Ë-C3 Diserahkan Untuk 50 Konsumen Pertama

Tahun 2024, bZ Sedan kemungkinan besar akan meramaikan pasar Eropa dan belahan dunia lainnya. Dasar strateginya juga sama, menggoyang Tesla Model 3 yang berkembang pesat di benua itu. Penantangnya juga hampir bisa dipastikan sama.

Sepertinya, di pasar Eropa, bZ Sedan yang ukurannya mirip dengan Toyota Corolla akan menggantikan posisinya. Corolla adalah sedan yang cukup laris. Apalagi beberapa negara di benua itu sudah mematok, 2035 tidak ada lagi produksi mobil bermesin konvensional.

Belum ada bocoran spesifikasi dari Toyota, tapi penelusuran kami, kementerian industri China menyebutkan ada dua varian untuk bZ Sedan. Yang pertama adalah varian bertenaga 178 hp. Yang kedua bertenaga 238 hp. Dimensi panjangnya 4.725 mm, lebar 1.835 mm dan tinggi 1.475 mm. Bobot berkisar 1710-1840 kg.

Indra A.

Foto: InsideEV

 

 

 

5 1 vote
Article Rating

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x