Toyota bZ3C Akan Segera Diproduksi

17 September 2024 | 1:37 pm | Rizky Dermawan

Ada pendatang baru yang siap berlaga di pasar mobil listrik China yakni Toyota bZ3C. Sesuai imbuhan huruf “C” di belakang kodenya, ini adalah versi crossover dari bZ3 sedan yang sudah resmi dipasarkan di China.

Mobil listrik yang hanya beredar di pasar domestik China ini dikembangkan Toyota bersama dua mitra lokalnya yakni BYD dan FAW. Sama seperti bZ3 sedan dan bZ4X.

Tampilan mobil tanpa asap ini tak beda jauh dari yang dipamerkan pada April 2024 lalu di Beijing Auto Show. Tentu ada sedikit perbedaan antara prototype versi akhir dengan versi produksi.

Toyota bZ3C segera diproduksi

Hammer Head

Bagian depan mobil listrik Toyota bZ3C menganut bahas desain terkini untuk mobil elektrifikasi Toyota yang dijuluki hammer head. Lampu belakang LED berikut lightbar, roof spoiler model split, hingga handle pintu rata body untuk bentuk yang lebih stremline. Pelek tersedia pilihan ukuran 18-inci dan 21-inci.

Soal desain eksterior, tampilan mobil bZ3C bagai campuran model mobil Toyota seperti Prius, bZ3C sedan dan bZ4X serta sejumlah mobil listrik lansiran BYD. 

Dari segi dimensi crossover bZ3C lumayan bongsor. Dengan panjang bodi 4.780 mm, lebar 1.866 mm dan tinggi 1.510 mm.

Sementara wheelbase sebesar 2.880 mm mengindikasikan kabin yang cukup lapang. Bobotnya yang mencapai 1.920 kg sebagian besar berasal dari baterai FinDream lansiran BYD.

Baca juga :  Terra Charge Incar Pasar Indonesia Buat Mobilitas Berkelanjutan

Tak disebutkan berapa kapasitas daya baterai lithium-iron-phosphate (LFP) yang diusung Toyota bZ3C. Cuma dikatakan jarak jelajahnya mampu mencapai kisaran 500-600 km berdasarkan siklus uji CTLC. 

Sebagai penggerak, bZ3C dibekali sebuah motor elektrik berdaya 200 kW atau setara 268 hp. Kecepatan maksimumnya diklaim mencapai kisaran 160 km/jam.

Interior Bikin Penasaran

Sayang sekali interiornya tak ditampilkan. Tapi kalau melihat gambar di bawah, headunit akan berdiri di atas dashboard. 

Toyota bZ3C untuk pasar domestik Cina

Fitur belum dipaparkan oleh pihak pabrikan. Kemungkinan mirip bZ3, ada koneksi bluetooth, Toyota Safety Sense, kamera hingga sensor LiDAR pada ujung depan atapnya.

Meskipun sudah resmi diperkenalkan, tapi baru akan diproduksi beberapa bulan mendatang di pabrik FAW. Harga jualnya akan diumumkan dalam waktu dekat berikut info spesifikasi detail. Mobil listrik ini tersedia unitnya mulai awal tahun 2025 mendatang.

 

5 1 vote
Article Rating

Subscribe
Notify of
0 Comments
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x