Volvo EX90 Mendebut Sebagai Premium SUV Elektrik Dengan 7-Seater

10 November 2022 | 9:34 am | Indra Alfarisy

Setelah lama hanya menyebarkan foto teaser, Volvo EX90 akhirnya resmi diperkenalkan. SUV ini hadir dalam format mobil listrik berkapasitas tujuh penumpang, untuk pasar premium.

Volvo EX90 digaungkan sebagai bintang baru dalam keluarga mobil Swedia ini. Dan layaknya sebuah Volvo, bentuknya sederhana saja. Tapi elegan dan selalu enak untuk dipandang. Tidak banyak gimmick aneh-aneh di eksterior. Hanya lampu depan LED lengkap dengan DRL, logo Volvo di depan. Belakangnya, lampu berbentuk C menyiku, selaras dengan bentuk bagasi yang juga kaku.  

Dimensinya yang besar memungkinkan untuk dipasang baterai masif ukuran 111 kWh. Ini yang akan menggerakkan dua motor listrik di setiap as roda. Menjadikan Volvo EX90 sebagai kendaraan AWD (All Wheel Drive/gerak empat roda). Volvo menyatakan juga kalau ini adalah mobil SUV betulan. Dengan kemampuan yang sesuai kodratnya. Bukan sekedar mobil dengan teknologi terkini.  

Daya puncaknya setara 496 hp dengan torsi 910 Nm. Ini angka yang hebat untuk sebuah mobil keluarga. Jarak tempuh yang dijanjikan adalah 483 km. Namun angka itu belum diverifikasi oleh badan pengujian resmi. Baru klaim dari Volvo. Sedangkan waktu pengisian ulang baterai dari 10 ke 80 persen hanya perlu 30 menit. 

Salah satu yang mereka tekankan adalah kecanggihan sistem komputerisasi di kabin. Snapdragon, pembuat microchip gadget digandeng untuk mengembangkan sistem multimedia di kabin. Menghasilkan grafis yang enak dilihat serta sudah memiliki fitur Google. Jadi tidak perlu khawatir susah buka Google Maps, contohnya. Semuanya ditampilkan di layar ukuran 14,5 inci di dashboard.  Audionya dirancang oleh Bowers & Wilkins, bahkan lengkap dengan speaker di headrest. 

Baca juga :  Honda BR-V N7X Langsung Punya Nilai Keselamatan Tertinggi, Ini Alasannya

Selain itu, seperti pada BMW 7-Series terbaru, tidak ada anak kunci atau remote untuk mengakses dan menjalankan mobil. Adanya aplikasi di handphone. Saat terdeteksi pemiliknya mendekat, EX90 akan membuka kunci, menyetel kenyamanan sesuai dengan setting yang telah ditentukan sebelumnya. 

Volvo EX90 akan hadir mulai musim gugur tahun depan. Harganya belum diketahui, tapi kalau dari bocoran media luar, tidak lebih dari US $80.000 untuk varian paling lengkap. 

0 0 votes
Article Rating

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x