Toyota Agya GR Sport vs. Honda Brio RS, Suka Yang Mana?

17 March 2023 | 4:35 pm | Aldi Prihaditama

All New Toyota Agya yang diperkenalkan di Indonesia pada Februari 2023, langsung menjadi buah bibir oleh banyak pihak. Wajar saja, sebab mobil kompak ini sudah lama dinanti kehadiran generasi barunya. Bahkan saudara kembar mobil ini, yaitu Daihatsu Ayla dan Perodua Axia, juga banyak yang menunggu kehadiran sosok anyarnya. Salah satu yang mendapat sorotan ialah unit Toyota Agya GR Sport.

Pada segmen ini, rival terdekatnya ialah Honda Brio RS. Tentu kami menilai bahwa kedua ini siap beradu di ‘kolam’ yang sama. Apalagi untuk harga kedua mobil tersebut, sama-sama dalam rentang di atas Rp 200 jutaan. Lalu, kira-kira mana yang lebih unggul? Berikut ialah komparasi antara Toyota Agya GR Sport dan Honda Brio RS.

Dimensi

Secara dimensi, kedua mobil itu sebenarnya tak terlalu beda jauh. Sebab, keduanya memang masuk dalam kategori city car. Toyota Agya GR Sport punya dimensi panjang 3.830 mm, lebar 1.665 mm, dan tinggi 1.505 mm. Jarak sumbu rodanya ialah 2.525 mm. Sementara Honda Brio RS memiliki panjang 3.185 mm, lebar 1.680 mm, tinggi 1.485 mm dengan jarak sumbu 2.405 mm.

Spesifikasi

Baik Toyota Agya GR Sport maupun Honda Brio RS, keduanya menggunakan mesin bensin berkapasitas 1.2 liter. Namun ada perbedaan pada jumlah silindernya, jika Agya adalah 3 silinder, maka Brio ialah 4 silinder.

Baca juga :  Volvo Stop Bikin Mobil Bermesin Diesel

Toyota Agya GR Sport mengusung mesin bensin 3 silinder 1.2 liter DOHC, dengan tenaga maksimum 86,7 hp dan torsi puncak 113 Nm. Mesin tersebut digandengkan dengan transmisi CVT. Sedangkan Honda Brio RS memakai mesin bensin 4 silinder 1.2 liter i-VTEC DOHC bertenaga mencapai 88,7 hp dan torsi maksimal 110 Nm.

Fitur

Kedua mobil di kelas city car ini didukung dengan aspek keselamatan yang mumpuni. Toyota telah melengkapi Agya dengan penguatan sejumlah elemen chassis, sehingga mampu meredam efek benturan dari berbagai arah. Honda membekali kerangka Brio dengan penggunaan baja berkualitas tinggi untuk membantu meningkatkan efisiensi penyerapan energi saat terjadi benturan.

Agya GR Sport dibekali dengan penggunaan fitur ABS+EBD. Terdapat pula Rear Parking Sensor, Speed Sensor Lock, Alarm dan Immobilizer, Isofix, serta Seat Belt Warning. Dual Airbags, berikut Vehicle Stability Control (VSC) dan Hill Start Assist (HSA) sebagai kelengkapan standar.

Selanjutnya, Honda Brio RS juga dilengkapi dengan fitur ABS+EBD, Rear Parking Sensor, sabuk pengaman dengan teknologi pre-tensioner dan Load Limiters di kursi depan, hingga Vehicle Stability Assist untuk meminimalisir gejala oversteer atau understeer saat bermanuver. Selain itu, masih ada Keyless Entry dengan transmitter dan Electrical Trunk Opener, sebagai fitur kepraktisan.

Harga

Di segmen city car, kedua mobil bergaya sporty ini tentu bersaing cukup ketat. Dari segi harga pun saling mendekati. Buat Anda yang memiliki kocek di kisaran Rp 250 juta, maka kami sengaja mengambil varian teratas dari Toyota Agya maupun Honda Brio. Urusan harga, All New Toyota Agya GR Sport dipasarkan di rentang harga Rp 240 juta hingga Rp 256 juta, sedangkan Honda Brio RS diniagakan di rentang harga Rp 223,1 juta hingga Rp 233,1 juta.

4.2 5 votes
Article Rating

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x