All New Honda HR-V SE, Patut Menjadi Varian Favorit?

26 February 2024 | 5:40 pm | Aldi Prihaditama

Biasanya karakter konsumen kendaraan roda empat di Indonesia, langsung memilih produk dengan varian tertinggi. Dengan catatan memang memiliki kemampuan untuk membeli varian teratas. Tidak terkecuali bagi konsumen Honda yang memilih All New HR-V varian RS sebagai pilihannya. Meski begitu, ada varian lain dari All New HR-V yang patut dipertimbangkan, yakni varian SE.

All New Honda HR-V SE ini ternyata dihadirkan oleh PT Honda Prospect Motor (HPM) untuk mengakomodir keinginan dan selera pasar Tanah Air. Bagaimana tidak? Sebab, pada crossover sport utility vehicle (SUV) ini memiliki fungsionalitas dan sederet kelengkapan yang terbukti efektif bagi konsumen Indonesia.

Sarat garis horizontal

Secara desain fisiknya, All New Honda HR-V SE terlihat serupa dengan varian S dan E. Namun, terlihat amat berbeda jauh dengan varian Turbo RS. Bagian depan varian SE ini terlihat unik, sebab grille berdesain horizontal. Bahkan garis di grille bagian atas seolah mengalir hingga lampu utama. Garis tegas dari kap mesin mengalir melalui sisi bodi hingga lampu belakang.

Bagian atap semakin merebah ke belakang, seperti mobil fastback. Adanya over fender di setiap fender, menambah kesan kekar layaknya SUV berukuran besar. Tak ketinggalan ada side skirt yang berdesain cukup tebal. Di bagian belakang, penampilannya semakin modern dibandingkan HR-V generasi sebelumnya, sebab lampu belakangnya berdesain horizontal.

Baca juga :  Suzuki India Capai Jumlah Produksi 30 Juta Unit

Kabin dengan rasa sporty

Masuk ke kabinnya, tidak bisa dipungkiri kalau SUV ini tetap memiliki kesan sporty, meski bukan varian Turbo RS. Seperti ada ‘rasa-rasa’ Honda Civic-nya… Atap panoramic memang terlihat oke untuk kebanyakan konsumen Indonesia. Tapi kami pribadi merasa lebih sedap dipasang sliding roof saja…

Untuk bagian depan, kami tidak mengalami masalah dengan aspek kelapangan ruang kepala maupun kaki. Namun, ketika beranjak ke bagian belakang, lain cerita. Ruang kepala agak terbatas, sebab bagian atap yang mulai rendah. Hal ini amat dirasakan jika penumpang memiliki tinggi di atas 174 cm.

Tidak ada turbocharger

All New Honda HR-V SE ini menggunakan unit mesin bensin empat silinder 1.5 liter DOHC berteknologi Earth Dreams i-VTEC. Mesin dengan kode L15ZF tersebut mampu menghadirkan tenaga 119 hp dan torsi maksimal 145 Nm. Memang tidak dilengkapi turbocharger seperti pada varian Turbo RS, namun performa untuk penggunaan dalam kota, kami merasa sudah lebih dari cukup.

Suspensi All New Honda HR-V kami anggap memiliki karakter yang moderat. Tidak kaku, namun tidak terlalu lembut pula. Selain itu, pengendaliannya tergolong sigap, dengan tingkat body roll yang tidak mengganggu proses manuver. Untuk tingkat kekedapan kabin, kami rasa mungkin terasa lebih baik jika tidak ada atap panoramic.

Melaju di tol dengan santai

Ada dua fitur yang kami sukai pada All New Honda HR-V SE, yaitu Adaptive Cruise Control (ACC) dan Lane Keeping Assist System (LKAS). Untuk ACC, kami tidak perlu menginjak pedal gas, karena mobil bakal melaju sesuai dengan kecepatan yang sudah diinginkan. Karena sudah adaptif, maka selalu menyesuaikan kecepatan kendaraan di depan.

Baca juga :  Lima Hari Bersama BYD Atto 3, Ternyata Kami Keliru

Sedangkan untuk LKAS, berfungsi menjaga mobil tetap melaju di jalurnya. Sehingga amat bermanfaat saat melaju di jalan tol. Lagipula LKAS ini baru dapat aktif saat mulai berada di kecepatan 72 km/jam. Dengan begitu banyak hal yang ditawarkan Honda pada All New HR-V SE ini, rasanya wajar jika cukup banyak konsumen Indonesia yang menyukai varian ini. Apalagi harganya belum menyentuh angka Rp 500 juta, tepatnya di Rp 424,6 juta (on the road DKI Jakarta).

5 2 votes
Article Rating

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x