First Drive Toyota Agya GR Sport 2023, Suguhan Berbeda Hatchback Entry Level

12 March 2023 | 8:35 am | Indra Alfarisy

Kesempatan untuk mencoba Toyota Agya datang beberapa hari sebelum hatchback ini resmi dilancarkan pada acara GJAW 2023. Tentunya kami antusias meskipun dengan lintasan yang panjangnya terbatas. Review singkat Toyota Agya GR Sport 2023 ini dilakukan di tempat uji milik Toyota Astra Motor di Sunter, Jakarta.

Meski terbatas, tapi cukup untuk memberikan informasi soal rasa berkendara All New Toyota Agya GR Sport. Misi kami adalah, menilai secara singkat rasa berkendara yang dihasilkan oleh platform DNGA, yang dipadukan dengan tuning khusus oleh Gazoo Racing.

Toyota agya GR Sport

Ya, Agya GR Sport yang ini bukan cuma body kit. Suspensi dan kemudi mendapatkan sentuhan langsung dari tuner resmi Toyota tersebut. Tapi sebelum bicara soal rasa berkendara, kita lihat dulu ada apa saja di mobil ini.

Kelengkapan & Fitur

Seperti yang bisa Anda lihat, tampilan Agya baru berbeda jauh. Tanpa melihat spesifikasi pun sudah terlihat mobil ini lebih panjang tapi atapnya rendah, serta lebih lebar. Dari tiga hal itu sudah terbayang, harusnya mobil memiliki karakter yang lebih stabil saat manuver.

Melongok ke dalam, Toyota membekali interior yang sporty. Selaras dengan imbuhan body kit di eksterior. Kabin Agya GR Sport dibekali setir dengan balutan kulit dan jahitan merah. Lengkap dengan logo GR. Jahitan merah juga terdapat di kursi.

Baca juga :  Toyota New Rush 2024 Sudah Bisa Dibeli, Bedanya Apa?

Interior Agya GR SPort 2023

Kejutan berikutnya adalah hadirnya paddle shifter dan kemampuan isi ulang daya gadget nirkabel. Atau biasa disebut wireless charging. Ini biasanya ada di mobil-mobil kelas menengah ke atas. Kami bersyukur fitur ini sekarang lebih merakyat.

Bicara kursi, sesuatu yang tidak biasa bisa Anda temukan. Jok depannya berbalut meterial suede. Lengkap dengan logo GR di sandarannya. Tentu ini sesuai dengan karakter sporty. Tapi, hanya untuk kursi depan. Belakangnya masih mennggunakan bahan kain. Tanggung? Anda harus lihat dan rasakan sendiri.

Selebihnya, fitur seperti sebuah mobil modern pada umumnya. Layar infotainment ukuran delapan inci. Sudah bisa Mirrorlink. Tampilan informasi AC digital dengan tombol fisik menempati tempat di konsol tengah seperti biasa. Yang tidak biasa adalah area informasi berkendara untuk pengemudi.

Tidak ada lagi jarum analog. Gantinya speedometer digital dengan tachometer (RPM) yang juga digital. Terbungkus dalam satu layar TFT berukuran tujuh inci.

Performa dan Handling

Seperti diketahui, keluarga Toyota Agya dan Daihatsu Ayla terbaru hadir dengan mesin baru berkode WA-VE. Khusus Agya, hanya tersedia mesin ini. Sedangkan Daihaatsu masih menjual Ayla mesin KR-VE 1,0 liter.

Di jalan lurus, tenaga 86 hp disalurkan dengan baik ke roda depan melalui transmisi CVT. Girbok ini menterjemahkan lontaran daya dengan linear, makanya tarikannya terasa biasa saja. 0-100 m/jam? Nanti kalau ada kesempatan menguji di lintasan yang lebih panjang.

Baca juga :  Nostalgia, Toyota GR Yaris Rally2 Livery Castrol WRC 1993

Agya 2023

Lahan pengujian TAM ini dibekali beragam permukaan yang merepresentasikan jalanan di Indonesia. Polisi tidur, jalan berlubang, jalan banjir, dan sebagainya. Intinya, ini lahan pengujian yang pas untuk Ayla yang akan tersebar di seluruh Indonesia.

Seperti dikatakan tadi, Toyota Agya GR Sport 2023 dibekali dengan suspensi yang diracik oleh Gazoo Racing. Meski sepintas, ukuran dan posisi per shockbreaker sama dengan Agya G. Namun sepertinya punya tingkat peredaman yang lebih keras.

Toyota agya baru

Kualitas peredaman juga lebih baik dibanding generasi sebelumnya. Melewati permukaan jalan yang tidak rata dilalui dengan baik, tanpa ada bunyi-bunyi berlebihan yang bikin khawatir. Meski tetap saja rasa hatchback entry level itu ada. Sama seperti Honda Brio, sebaik apapun diklaim peredamannya, tetap saja rasanya entry level. Sesuai harga.

Saat bermenuver kami merasakan pergerakan kemudi yang lebih linear pada Agya GR Sport. Menurut Toyota, mereka juga melakukan tuning pada rack steer. Hasilnya, selain pergerakan dan respon kemudi yang lebih responsif, juga berisi. Kegiatan zigzag pada kecepatan 30-40 km/jam dilayani dengan baik oleh mobil ini.

Toyota Agya GR Sport 2023

Overall, untuk Toyota Agya GR Sport 2023, Toyota memberikan sesuatu yang berbeda dari kebiasaan. Baik secara fitur maupun kemampuan pengendalian. Bahkan fitur keselamatannya juga komplit. Mulai dari ABS/EBD/BA, Airbag hingga hill start assist dan VSC (Vehicle Stability Control). Dengan harga Rp 250 jutaan, Anda mendapatkan banyak hal baru. Kami akan mencoba mobil ini di jalanan sesungguhnya dalam waktu dekat. Tunggu saja.

5 2 votes
Article Rating

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x