NETA X, Menyenangkan Untuk Aktivitas Harian Dalam Kota

20 September 2024 | 4:00 pm | Rizky Dermawan

Dari sederet mobil listrik terbaru yang ada di Indonesia, NETA X adalah salah satu yang bikin kami penasaran ingin mencobanya. NETA X sebenarnya sudah diperkenalkan beberapa bulan lalu di GIIAS 2024.

Akhirnya kami berkesempatan untuk mencoba sensasi berkendara mobil listrik NETA X. Rutenya tak jauh, hanya di seputar kawasan kota Jakarta saja.

Mobil Harian Keluarga

Mobil listrik berjenis SUV/crossover ini diklaim cocok digunakan sebagai penunjang aktivitas harian. Terutama sebagai mobil penunjang aktivitas keluarga.

Bodinya sepintas terlihat agak bongsor, sehingga dapat diasumsikan kabin mobil ini cukup lapang. Ternyata kabinnya memang lega dan mampu memuat 5 penumpang dewasa.

Beragam fitur canggih pun dibekalkan pada NETA X. Mulai dari fitur bantu berkendara ADAS, hingga kemampuan menyalurkan energi listrik ke perangkat eksternal yang biasa disebut Vehicle to Load (V2L).

Fitur lain yang terdapat pada NETA X adalah Voice Command. Ini cukup keren dan jadi salah satu poin plus yang ada pada EV ini.

Konsumsi Listrik Efisien

Berdasarkan keterangan resmi pabrikan, mobil listrik NETA X dibekali sebuah motor listrik penggerak berdaya 120 kW atau setara 160 hp. Torsi maksimumnya 210 Nm.

Pasokan daya listrik NETA X bersumber dari baterai jenis Lithium-iron Phosphate (LFP) berkapasitas 63.56 kWh. Dalam kondisi daya terisi penuh, NETA X diklaim mampu menempuh jarak hingga 480 km.

Baca juga :  BMW i5 Touring, Wagon Bebas Jejak Karbon

Kami pun mencoba untuk membuktikan klaim tersebut. Sebelum berangkat dari titik start, indikator kapasitas daya baterai menunjukkan 90 persen dengan estimasi bisa menempuh jarak 457 km.

Dari dealer NETA di kawasan Kelapa Gading, kami meluncur menuju kawasan Kota Tua. Lalu lintas dari Kelapa Gading melewati Kemayoran, Gunung Sahari, Mangga Besar, Glodok hingga ke Kota Tua cukup padat merayap.

Tak Ragu Melibas Jalan Sempit

Kami pun melanjutkan perjalanan ke Pelabuhan Sunda Kelapa yang lokasinya tak jauh dari Kota Tua. Kemudian berlanjut lagi ke arah Pluit menuju resto Remy’s di kawasan PIK 2.

Perjalanan dari Kelapa Gading hingga ke PIK 2 sengaja lewat rute bawah, alias tidak lewat tol maupun jalan protokol yang lebar.

Tujuannya memang ingin merasakan berkendara di jalan raya perkotaan yang lalu-lintasnya padat serta melewati jalan agak sempit dengan NETA X.

Dari kawasan PIK 2 kami pun bergerak menuju ke dealer NETA di Kelapa Gading. Hanya saja kali ini kami lewat tol. Di sinilah kami bisa lebih banyak mengeksplorasi kemampuan NETA X.

Pihak pabrikan mengklaim NETA X mampu mencapai kecepatan 100 km/jam dalam waktu 9,5 detik. Top speednya dikatakan mencapai 150 km/jam.

Bagi kami, tak begitu penting sekencang apa karena ini mobil listrik untuk kendaraan harian dalam kota. Namun, saat pijakan pedal akselerator mulai kami rebahkan, NETA X cukup responsif dan tarikannya tergolong halus.

Baca juga :  Meminimalisir Emisi Bersama Toyota All New Prius 2024

Saat diajak bermanuver pada kecepatan rata-rata 50-60 km/jam, handling kemudi lumayan presisi. Hanya saja saat fitur Lane Keep Assist (LKA) sedang ON, tangan tak perlu ‘gatal’ untuk mengolah kemudi. Jadi jika ingin bermanuver atau pindah jalur, disarankan untuk menonaktifkan fitur LKA.

Sistem pengereman cukup responsif pada berbagai rentang kecepatan. Suspensinya terasa sedikit keras, tapi bantingannya tak terlalu berlebihan di permukaan kurang halus.

Setibanya kembali di dealer NETA Kelapa Gading, indikator menunjukkan sisa daya baterai masih cukup untuk jarak tempuh 367 km.

Segera Launching

Dengan desain yang modern dan futuristik NETA X tersedia dalam empat pilihan warna yaitu, Glacier Blue, Jet Black, Sky Grey, dan Pearl White.

Opsi warna eksterior dan kemasan interiornya cukup eyecatching dan gak pasaran. Terlebih lagi varian Supreme yang kami coba sudah dilengkapi dengan panoramic sunroof.

Mobil listrik NETA X sebenarnya belum resmi launching. Saat di GIIAS 2024 pun baru tahap perkenalan. Namun tenyata PT NETA Indonesia sudah membuka daftar pre-book bagi para calon konsumen yang berminat.

PT NETA Auto Indonesia sedianya akan melakukan launching resmi NETA X pada 27 September 2024 mendatang. Bagi Anda yang berminat, sabar dulu ya…

5 2 votes
Article Rating

Subscribe
Notify of
0 Comments
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x