Review Honda BR-V N7X Edition, Siapa Tahu Perlu Tampil Beda

19 June 2024 | 2:41 pm | Rizky Dermawan

Di akhir pekan yang liburannya cukup panjang kali ini kami mencoba membuat review mobil 7-seater. Pilihannya adalah Honda BR-V N7X Edition.

Diperkenalkan di Indonesia oleh Honda Prospect Motor (HPM) pada event pameran otomotif Indonesia International Motor Show (IIMS) 2024, di JIExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat, pada Februari 2024 lalu. 

Mobil ini sebenarnya adalah All New Honda BR-V dengan upgrade tampilan yang membuatnya jadi lebih stylish. Kehadirannya didasari oleh banyaknya minat terhadap mobil konsep Honda N7X, cikal bakal BR-V generasi sekarang. Lantas apa yang bikin beda antara versi ini dari BR-V “biasa”? Yang pasti harga beda. Biarpun tipis. 

Tampilan Lebih Memikat

Soal polesan tampilan, Honda tak perlu diragukan. Laburan warna krem Sand Khaki Pearl bukanlah warna yang pasaran. Warna bernuansa gurun ini pun bukan warna baru. Pertama kali diperkenalkan pada model All New Honda HR-V tahun 2022 dan digemari konsumen Honda di Indonesia.

Imbuhan aksen garnish bernuansa two tone yang memadukan warna hitam dengan chrome pun bikin tampilan kian stylish. Pada grille diimbuhi emblem N7X Edition.

Perbedaan pada eksterior New BR-V N7X Edition dibandingkan BR-V reguler terletak pada aksesoris bodi kit dan garnish.

Mulai dari penambahan New Exclusive N7X Edition Aero Kit yang terdiri dari Front Under Spoiler, Side Under Spoiler, Rear Under Spoiler. Ditambah lagi dengan emblem versi Dark Chrome.

Baca juga :  Honda Freed Terbaru Segera Dibekali Body Kit Mugen

Pada bagian depan juga dibedakan dengan grille versi New Sleek Dark Chrome yang senada dengan emblem grille. Wajah BR-V terlihat kian mewah dengan garnish Chrome pada grille. Lampu kabut LED-nya pun dihiasi garnish Chrome.

Berlanjut ke bagian samping , rumah kaca spion terintegrasi dengan lampu sein LED. Area fender dimbuhi Wheel Arch Protector berwarna hitam yang serasi dengan pelek alloy 17 inci berkelir hitam.

Di belakang, terdapat tambahan tailgate spoiler yang diimbuhi antena sirip hiu. Lampu belakang pun diimbuhi garnish pada reflektornya. Hasilnya, mobil ini tampil beda dibandingkan BR-V reguler.

Performa 

Tidak seperti penampilannya, soal mesin tetap sama seperti Honda BR-V kebanyakan.

Mesin bensin 4-silinder i-VTEC DOHC 1.5L berkode L15ZF menggerakkan mobil dengan tenaga maksimum 119 hp pada 6.600 rpm. Torsi maksimumnya yang sebesar 145 Nm dicapai pada 4.300 rpm. Untuk transmisi, seperti kebanyakan mobil Honda, menggunakan jenis CVT.

Performa mesin mengindikasikan bahwa BR-V tak hanya dirancang sebagai mobil harian dalam kota. Performanya cukup mumpuni untuk perjalanan jauh luar kota. Tapi jangan bayangkan lontaran tenaga yang menggebu.

Penggunaan transmisi CVT menghasilkan penyaluran tenaga dan torsi yang lebih halus pada setiap rentang kecepatan berkendara.

Secara umum, ini mobil yang terbilang enak dan nyaman dikendarai. Bantingan suspensi cukup empuk meskipun tengah dipacu di jalan tol cor beton yang kerap membuat mobil terasa membal.

Baca juga :  First Drive: Citroen E-C3, Batu Loncatan Supaya Tidak Gaptek

Meskipun demikian, setting suspensi BR-V N7X Edition tak beda dari BR-V Prestige yang terasa rigid saat diajak melibas tikungan.

Nah, soal visibilitas berkendara kerap jadi poin kelemahan pada SUV berbodi bongsor. Namun tidak demikian pada Honda BR-V N7X Edition maupun BR-V varian lainnya.

Penampang kaca kabin yang cukup lebar plus bodi yang agak jangkung membuat jarak pandang ke segala arah tetap luas. Tak hanya bagi pengendara, tapi juga bagi penumpang.

Konstruksi jok semi-bucket di depan dan jok tengah berukuran cukup besar terasa nyaman dan ergonomis. Meskipun kualitas kabinnya tidak terlalu istimewa, khas sebuah low SUV/Crossover.

Kabin yang lapang serta ruang kaki dan kepala pun terasa lega walau pada penumpang jok belakang sekalipun. Dengan begitu, rasa lelah saat menempuh perjalanan jarak jauh, rasa lelah bisa diminmalisir. 

Fitur Lengkap dan Canggih

Perihal fitur keselamatan yang dibekalkan pada New Honda BR-V N7X Edition cukup lengkap. Mobil ini dibekali paket teknologi bantu berkendara, Honda Sensing.

Fitur penunjang keselamatan berkendara seperti Collision Mitigation Brake System , Auto-High, Lane Keeping Assist System, Lead Car Departure Notification System (LCDN) jadi fitur standar.

Masih ditambah lagi dengan fitur Road Departure Mitigation (RDM), dan yang paling bermanfaat, Adaptive Cruise Control (ACC).

Berbagai fitur canggih lainnya seperti Honda LaneWatch, Remote Engine Start, Walk-Away Auto Lock, dan Smart Entry System turut dibekalkan Honda pada BR-V N7X Edition. 

Baca juga :  Sayonara Honda Super Cub 50...

Harga BR-V N7X mulai dari Rp 319 jutaan (OTR Jakarta), untuk varian terendah, E CVT. Diatasnya ada varian Prestige CVT dengan harga Rp 343,4 juta.

Tertinggi seperti yang kami coba adalah Prestige dengan Honda Sensing, harganya Rp 363,4 jutaan. 

Layak dimiliki? Kalau Anda merasa perlu tampil beda dan tidak keberatan menambahkan dana ekstra Rp 1 jutaan, N7X edition layak jadi pertimbangan.  

5 2 votes
Article Rating

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x