Tiga Hal Menarik Soal Chery Tiggo 8 Pro

19 August 2022 | 11:08 am | Indra Alfarisy

Kembalinya Chery ke Indonesia bukan cuma dengan tangan kosong. Tiggo 8 Pro, dibawa dengan segala kejutannya.

Chery, merek lama yang kembali lagi ke Indonesia coba menggebrak dengan segala yang mereka bisa lakukan. Ini wajar, terakhir kali mereka jualan di Indonesia, mobilnya menarik tapi tidak ada yang melirik. Dulu, yang dimasuki adalah segmen city car yang kurang populer dengan QQ. SUV Chery Tiggo hadir belakangan, saat semua sudah terlambat. Akhirnya mereka undur diri dari pasar otomotif Indonesia.

Kali ini, gebrakannya adalah dengan generasi Tiggo baru. 7 Pro dan 8 Pro. Ada memang mobil city car yang dipamerkan di GIIAS 2022, tapi tidak terlalu diekspos. Khusus Chery Tiggo 8 Pro, yang akan dijual mulai Oktober 2022 nanti, kami melihat ada tiga modal utama yang bisa jadi senjata merek Tiongkok ini. Meski harganya yang Rp 500-Rp 550 juta jadi tanda tanya, siapa yang percaya diri untuk beli?

ADAS

ADAS sepertinya sudah jadi fitur umum. Bukan lagi monopoli merek mewah. Chery membekali Tiggo 8 Pro dengan lima fitur bantu berkendara yang terbilang canggih. Pertama tentu Adaptive Cruise Control. Peranti ini tidak hanya menjaga kecepatan konstan, tapi juga secara otomatis menyesuaikan dengan kelajuan dengan mobil di depan. Tentunya juga sambil menjaga jarak.

Baca juga :  Chery Tiggo 5X, 'Mainan' Baru Untuk Perkotaan

Ada juga Lane Departure Warning yang mengingatkan mobil pindah jalur dengan cara tidak aman (tidak pakai lampu sein atau Anda sedang melamun dan tidak sadar mobil bergeser). Dan yang paling krusial ada blind spot monitoring. Yang memantau area tidak kasat mata di sekeliling mobil. Masih ada lagi FCW atau Front Collision Warning dan kamera pantau 360.

Kabin Berkualitas Muat Tujuh Orang

Ya, kami cukup terkejut melihat kualitas kabin Chery Tiggo 8 Pro ini. Biasanya, MG yang terdepan soal kualitas material yang digunakan di interior untuk mobil made in China. Kali ini, kami akui, Chery bisa menyamai. Wuling sepertinya harus berbenah.

Di luar fitur seperti layar sentuh, wireless charging dan sejenisnya, tiga baris kursi terasa lumayan nyaman dengan ruang kaki yang cukup. Rasa mewah didapat dari bahan kulit dengan dekorasi pola jahitan berbentuk berlian. Kepraktisan pengoperasian kursi memang masih bisa ditingkatkan, tapi secara keseluruhan cukup membuat puas.

Yang tidak kalah penting adalah, bukan cuma tempat duduk. Tapi proteksi untuk setiap baris. Chery memberikan sejumlah airbag di sekeliling kabin, termasuk curtain airbag yang mencakup semua deret.

Mesin Chery Tiggo 8 Pro

Bukan pertama kalinya ada mesin empat silinder turbo di pasar mobil penumpang. Orang-orang Eropa sudah menyematkan mesin ini di mobil mereka sejak dulu. Tapi di deretan mobil Tiongkok, Chery mendatangkan Tiggo 8 Pro dengan kapasitas 2,0 liter. Sementara pesaing senegaranya berbekal 1,5 liter turbo.

Baca juga :  Upaya Gaet Peminat, Harga Spesial Omoda E5 Diperpanjang

Kami cukup takjub karena sang jantung mekanis bisa mengeluarkan 250 hp. Torsinya juga tidak main-main untuk mesin bensin, 400 Nm! Yang disalurkan ke roda depan. Pengujian akselerasi kami, mobil ini menyentuh 100 km/jam dalam hitungan 8,19 detik. Dalam kondisi mobil diisi bertiga dan AC menyala. Ini hebat.

Sempat muncul pertanyaan, apakah kaki depannya kuat menerima lontaran daya sebesar itu?
Tapi dipikir lagi, sebelum masuk produksi, pastinya mobil ini sudah melewati masa riset yang panjang, termasuk untuk urusan daya tahan. Kita lihat saja.

 

 

 

5 1 vote
Article Rating

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x