Aprilia SR-GT 200 Replica, Jangkung Dengan Tampilan Sporty

29 December 2023 | 2:15 pm | Aldi Prihaditama

Bulan November 2023 silam menjadi momen spesial bagi PT Piaggio Indonesia. Sebab Aprilia SR-GT Replica 200 diluncurkan secara resmi di Tanah Air, seiring dengan gelaran MotoGP di Sirkuit Mandalika. Jika sebelumnya PT Piaggio Indonesia sudah memperkenalkan Aprilia SR-GT 200, maka SR-GT Replica 200 menawarkan kenyamanan berkendara di perkotaan, namun masih punya tampilan sporty khas Aprilia.

Sejujurnya, kami tergelitik dengan adanya kata ‘replica’ pada penamaan Aprilia SR-GT Replica 200. Namun, ternyata penggunaan kata tersebut berasal dari rancangan yang terinspirasi oleh Aprilia RS-GP 2023 besutan dua pembalap Aprilia Racing Factory Team, yaitu Aleix Espargaro dan Maverick Viñales.

Livery motor balap

Sebagai skuter premium berkarakter urban adventure, Aprilia SR-GT Replica 200 menampilkan nuansa sporty, melalui perpaduan warna dasar hitam matte yang kuat dan grafis merah ungu, persis seperti yang disematkan pada livery motor balap Aprilia RS-GP 2023. Tulisan Aprilia disematkan secara diagonal di bagian tengah body skuter, membuat penampilannya seperti motor balap.

Karakter motor balap khas Italia ditampilkan melalui pelindung depan dan bagian bawah yang dihiasi tiga warna khas bendera Italia yakni merah, putih, dan hijau. Unit yang kami gunakan kali ini memiliki stiker decal nomor #41, sama dengan nomor start milik Aleix Espargaro.

Baca juga :  Seribu Unit Chery Omoda E5 Telah Diserahkan Kepada Konsumen

Mesin responsif

Aprilia SR-GT Replica 200 dirancang untuk membuat pengendaranya nyaman berkendara di lalu lintas perkotaan yang padat, sekaligus bisa menghadapi berbagai medan jalanan, termasuk untuk perjalanan jarak jauh.

Mesinnya memiliki output maksimal 17,4 hp pada 8.500 rpm dan torsi 16,5 Nm pada 7.000 rpm. Saat tangan kanan mulai memelintirkan grip kanan pada setang, respons mesin pun langsung menyambut cepat. Putaran mesin tergolong cekatan, tapi tidak liar. Semua tombol dan switch yang tersedia pun mudah dioperasikan oleh jari pengendara.

Long-travel suspension

Walaupun memiliki postur yang jangkung, Aprilia SR-GT 200 ini tergolong lincah di kepadatan lalu lintas. Hal tersebut tentu didukung oleh wheelbase sepanjang 1.350 mm. Velg berdiameter 14 incinya dilabur warna hitam dan dilengkapi dengan aksen garis merah.

Selain itu, long-travel suspension diterapkan pada skuter ini. Suspensi teleskopik 120 mm untuk bagian depan, serta suspensi ganda 102 mm pada bagian belakang kendaraan. Khusus bagian belakang, memiliki lima tingkat kekerasan. Hal ini amat berguna saat ingin berkendara sendiri maupun bersama penumpang.

Semangat kompetisi dan penampilan sporty selalu tertancap di produk Aprilia sejak lama. Setidaknya dua aspek tersebut juga tertuang pada skuter ini. Dihadirkannya skuter seharga Rp 65 juta ini, mungkin untuk mengakomodir banyak kalangan untuk merasakan sensasi produk Aprilia. Namun tanpa harus mengendarai motor sport untuk aktivitas sehari-hari.

5 1 vote
Article Rating

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x