Kawasaki Z125 PRO, Streetfighter Mini Dengan Sensasi Istimewa

24 October 2022 | 7:15 pm | Rizky Dermawan

Di luar dugaan, motor mungil ini ternyata mampu membopong badan kami yang bongsor. 

Kecil-kecil Cabe Rawit, ya konotasi ini sangat pas untuk menggambarkan sosok Kawasaki Z125 PRO, streetfighter yang kecil. Heran! Setiap diajak melancong ke manapun, di manapun motor mini dengan warna Candy Lime Green ini terus menjadi korban selfie dan pusat perhatian.

Ya, Kawasaki Z125 PRO adalah streetfighter gesit yang memberikan statement jelas bagi siapapun yang mengendarainya. Hmm…patut diakui, gaya supernaked agresif ini memang mewakili konsep desain tajam dan sporty, khas Z.  Itu karena basis desain Z125 PRO yang memperlihatkan perpaduan antara Kawasaki Z Series dengan Kawasaki ER6N. Hanya ukurannya diperkecil.

Sport Minimoto ini terbilang sangat kompak, dengan posisi berkendara tegak, suspensi up-side down dan ban radial responsif yang terus memberikan pengalaman riding yang menyenangkan.

Soal ukuran jadi bukan hal yang penting. Khususnya memiliki tinggi dan berat badan berlebih. Itu karena posisi duduk motor yang nyaman. Didukung sisi ergonomi dari posisi stang tinggi dan pembagian beratnya yang sempurna, bahkan saat harus berboncengan sekalipun.

Kestabilan Motor Mungil

Stabil? Ya motor ini sangat asik diajak manuver dan selap selip saat menerjang lalu lintas perkotaan. Hanya perlu mengatur arah pinggang dan sedikit menginjak footstep ke arah kanan dan kiri, si kecil ini makin terasa menyatu dengan badan untuk menikung.

Baca juga :  Nissan Luncurkan GT-R T-Spec Takumi & Skyline Edition

Ini bisa terjadi karena redaman kualitas single-shock laydown offset dengan preload 4-way di belakang, dan shock up-side down di kaki depan layaknya big bike premium. Itu juga merupakan hal penting untuk menegaskan nilai premium motor ini.

Performa Z125 Pro

Bagaimana performanya? Secara teknis, memang Z125 PRO hanya mengandalkan mesin 4-tak berkapasitas 125 cc, single silinder SOHC, pula. Mesin yang diadopsi dari Kawasaki Athlete PRO. Namun penggerak dengan injeksi ini rasanya lebih powerful.

Mungkin secara bobot motor ini juga ringan. Tapi apakah irit bensin? Dalam posisi tangki penuh sebanyak 7,4 liter, untuk penggunaan jarak harian normal sejauh 20 kilometer per hari, motor ini enggan mampir ke pom bensin selama enam hari.

Akselerasi mesin bertenaga 9,2 HP pada 7.500 rpm terasa mantap kala dipacu. Torsinya pun mencapai 9,5 Nm pada 6.000 rpm. Performa ini didukung transmisi 4-speed dengan tipe kopling Wet multi-disc manual yang halus. Kawasaki juga membekalinya dengan sistem pengapian Magneto DC-CDI yang makin membuatnya tangguh di semua kondisi berkendara. 

Tak perlu ragu untuk membawa rekan bonceng dan melakukan perjalanan jauh. Untuk digeber hingga 100 km/jam pun motor ini sanggup, hanya saja lebih nikmat melaju di kecepatan 65-80 km/jam dengan bermain di rentang gigi 3 dan 4. Sangat, sangat menyenangkan.

Harganya? PT Kawasaki Motor Indonesia masih menjual minimoto ini untuk tahun 2022 dan 2023. Harganya Rp 45.400.000 (OTR Jakarta). Sedangkan versi 2018 seperti yang kami uji berada di rentang harga antara Rp 33.000.000 hingga Rp 37.000.000, tergantung kondisi.

Baca juga :  Scomadi Technica 200i Adventure: Skuter Radikal Bergaya Petualang

 

 

 

5 1 vote
Article Rating

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x