Yadea G6: Impresi Awal Menjanjikan, Masih Ada Yang Harus Diyakinkan

27 February 2023 | 5:40 pm | Indra Alfarisy

Ada dua hal yang membuat kami tertarik dengan sepeda motor listrik Yadea. Terutama Yadea G6. Pertama, merek Yadea berada di bawah naungan Indomobil Group, dan jadi merek kendaraan listrik pertama dari raksasa otomotif Indonesia itu. Kedua, Kenapa deknya tebal sekali?

Yadea pertama kali kami temukan di event IIMS 2023 lalu. Deretan motor yang mereka tawarkan memiliki spesifikasi yang cukup masuk akal untuk mengakomodir kebutuhan mobilitas harian di kota besar. Tidak ada yang menonjol, selain logo Indomobil di booth mereka.

Dari situ, kami penasaran. Apa yang beda dengan merek lain, sehingga Indomobil mau menjadikan nama baru ini sebagai bagian dari mereka. Yang pasti, Yadea bukan merek baru di dunia motor. Merek asal China ini sudah beroperasi sejak 2001 dan tersebar di 90 negara. Menurut klaim, sebanyak 60 juta unit motor terjual di seluruh dunia. Menarik.

Yadea G6 Yang Meyakinkan

Yadea G6 2023

Satu produk yang menarik perhatian kami adalah Yadea G6. Motor gendut ini memiliki desain yang bersih, minim lekukan tajam. Setelah ditelusuri, G6 adalah produk Yadea tidak sebetulnya tidak terlalu baru. Namun ini yang mendapatkan penghargaan Red Dot Design Award.

Lampu depan dan belakang LED dengan bentuk yang unik seperti yang bisa Anda lihat di gambar. Instrument cluster digital berwarna. Isinya cukup lengkap dan mudah dibaca. Mulai dari kondisi baterai, jarak tempuh, odometer dan speedometer.

Baca juga :  Vespa Primavera Batik Satukan Dua Warisan Budaya Indonesia

G6

Di balik bentuknya yang futuristis dan ‘sleek’ terdapat rangka tralis baja. Saat kami coba secara singkat, memang terasa kokoh. Suspensi depan model teleskopik, belakangnya ditopang sepasang shock breaker.

Konfigurasi ini cukup untuk melibas jalanan tidak rata. Namun sekali lagi, kami hanya sempat mencoba secara singkat saja di IIMS lalu.

Shock Yadea

Untuk lebih meyakinkan, rem depan dan belakang dibekali cakram. Sementara ban terlihat lebar dengan ukuran 90/90 di depan, buritannya 100/80. Membalut pelek 12 inci.

Riding Position

Yang terasa agak janggal adalah tingginya dek kaki. Kalau Anda terbiasa naik Honda Vario atau Yamaha Mio dan sejenisnya, akan terasa janggal. Tapi tidak bisa disalahkan juga. Karena di dek ini tertanam baterai graphene 72V 38Ah. Baterai graphene ini diklaim lebih mudah menangkap dan menyebarkan energi. 

Yadea 2023

Joknya sendiri cukup lebar dan tidak terlalu keras. Kami perkirakan ini akan cukup nyaman untuk perjalanan 20-25 km. Tapi harus dibuktikan lagi nanti.

Namun untuk Anda yang punya kaki panjang, posisi lutut karena deknya tinggi, rawan bertemu dengan ujung stang. Manuver di kepadatan lalu lintas sepertinya akan sedikit terganggu.

Pengendaraan

Tidak ada yang salah dengan peredaman dan pengeremannya secara sepintas. Rangka, ban dan kaki-kakinya bisa menyerap permukaan jalan dengan baik.

Demikian juga dengan apa yang ditawarkan oleh motor penggerak 2kW yang terpasang di roda belakang. Akselerasinya halus dan meyakinkan. Karena ini motor listrik harian, kami tidak berharap ada lonjakan torsi yang berlebihan.

Baca juga :  Red Bull Racing Honda Terdepan di Grand Prix Spanyol 2024

G6 Yadea

Yadea mengklaim G6 punya jarak tempuh 100 km dengan baterai terisi penuh. Kecepatan puncak adalah 70 km/jam. Sekali lagi, cukup untuk sebuah motor perkotaan.

Ada satu fitur yang cukup mengejutkan. Namanya TTFAR. Ini adalah sistem regenerasi energi, yang akan berfungsi saat melakukan deselerasi. Energi kinetik yang terjadi akan diubah lagi menjadi energi listrik untuk mengisi baterai.

Kesimpulan

Sepertinya terlalu awal untuk menarik kesimpulan yang pasti. Begitu ada kesempatan, kami akan coba motor ini secara menyeluruh. Namun impresi pertama, ini cukup meyakinkan.

Ada nama besar Indomobil yang mendukung di belakang Yadea. Namun jaringan dealer memang belum banyak. Dealer yang punya fasilitas 3S (Sales, Service, Spare Part) baru ada di Pasar Minggu, Jakarta Selatan. Target mereka, ada 120 dealer yang akan dibuka di seluruh Indonesia. Tahun ini.

Selain itu, Yadea juga sudah punya pusat perakitan motor dan suku cadang sendiri di kawasan Pulo Gadung.

Harga Yadea G6 adalah Rp 29,35 juta (OTR DKI). Lengkap dengan garansi baterai dan motor dua tahun. Ya, memang bukan garansi panjang yang menggiurkan. Tapi motornya menarik.

3.7 3 votes
Article Rating

Subscribe
Notify of
1 Comment
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
Seras
1 year ago

Pertamax

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x