10 Sedan Jepang Yang Jarang Terdengar Tapi Menggiurkan

23 January 2025 | 7:41 am | Rizky Dermawan

Di Indonesia, sedan-sedan Jepang ini tidak begitu populer karena memang tidak pernah secara resmi masuk. Bahkan setelah regulasi impor mobil dilonggarkan sekalipun di era awal 2000-an, jarang ada yang melirik atau tahu kalau mobil-mobil ini ada. 

Tapi bagi penyuka mobil di manapun, inilah yang jadi impian mereka. 

 

Berikut ini kami hadirkan 10 sedan idaman para penyuka mobil yang mungkin nyaris terlupakan, atau malah belum pernah lihat wujudnya.

Mitsubishi Lancer 2000 EX Turbo (1981)

Mesin: I4 2.0L Turbo 168 hp/245 Nm
0-100 km/jam : 7 detik

Dari era ’80an ada Mitsubishi Lancer 2000 EX Turbo. Leluhur dari Lancer Evolution, seangkatan Lancer SL yang cukup populer di Indonesia.

Mobil ini adalah model homologasi balap untuk jalan raya. Mitsubishi Motors memproduksinya dalam jumlah terbatas sebagai syarat agar bisa ikut ajang rally WRC.

Mesin 4-silinder 2.0 liter turbo 4G63 yang sangat kondang pertamakali digunakan pada mobil ini. Output tenaganya yang bisa dikorek hingga lebih dari 300 hp membuat mesin 4AG63 jadi favorit para tuner.

Kesuksesan rancang bangun Lancer 2000 EX Turbo kemudian jadi cikal bakal lahirnya generasi Lancer Evolution di kemudian hari.

Honda Torneo Euro R

Mesin: I4 2.2L N/A 217 hp/220 Nm
0-100 km/jam : 6,5 detik

Sepintas terlihat mirip Honda Accord Euro R yang beredar di Jepang, tapi ini adalah sedan Honda Torneo Euro R.

Honda Torneo Euro R

Dibalik tampilannya yang ala mobil sedan bapak-bapak kantoran, performanya cukup greget. Basis mesin 4-silinder 2,2-liter berkode H22A yang dibopongnya sama dengan Honda Accord Euro R, tapi lebih menggelora.

Yang membedakannya dari Accord dan Torneo biasa, versi Euro R dilengkapi helical Torsen limited-slip differential, knalpot sport, setir lapis kulit dan jok balap Recaro. Siap diajak balap sepulang ngantor…

Baca juga :  GTV II: VW Kodok Spesial Bikinan EMPI di Masa Kini

Honda Accord Euro R (2002)

Mesin: I4 2.0L N/A 220 hp/206 Nm
0-100 km/jam : 6,8 detik

Nah, kini giliran Honda Accord Euro R lansiran tahun 2002 yang hanya beredar eksklusif di Jepang. Tampilannya cuma sedikit lebih sporty dibanding Accord biasa. Tak seperti Civic Type-R yang tampilannya garang. Namun jeroan dibalik bodinya tak jauh beda dari Type-R.

Honda Accord Euro R

Mulai dari setting suspensi dan tuning mesin K-20A plus limited-slip differential tak beda dari Type-R. Mobil ini dihadirkan bagi yang ingin tampil kalem dengan harga terjangkau, tapi punya performa.

Honda Civic Type-R (FD2)

I4 2.0L N/A 225 hp/215 Nm
0-100 : 6,2 detik

Honda Civic Type-R (FD2) basisnya Civic saloon empat-pintu. Ini era sebelum Civic Type-R berevolusi jadi hatchback.

Honda Civic Type R FD2

Suspensi belakang model independent double-wishbone dan suspensi depan pakai settingan sport. Ditambah lagi dengan rem Brembo dan limited-slip differential. Jelas sudah jika ini sedan yang siap dibejek poll.

Mesin K20A yang dibopongnya dipadukan dengan transmisi manual 6-speed rasio gigi rapat. Speknya jelas lebih greget dari Civic hatcback (FN2). Versi ini bikin iri para fans Civic di AS karena tak ada versi US-spec. Di Indonesia, hanya beberapa unit yang dibawa oleh importir umum. Sangat langka. 

Toyota Verossa

Mesin: I6 2.5L Turbo 276 hp/378 Nm
0-100 km/jam : –

Mungkin tak banyak yang mengenal sedan Toyota Verossa yang namanya terdengar mirip jip Daihatsu. Verossa mulai beredar di Jepang pada tahun 2001 menggantikan sedan bongsor Toyota Chaser dan Cresta.

Basis platform berpenggerak roda belakang (RWD) yang digunakan sama seperti Toyota Aristo gen-2 dan Crown gen-10.

Dibalik tampilan bergaya sedan eksekutif yang kalem, tersembunyi sebongkah mesin 6-silinder 1JZ-GTE yang beringas. Bagi yang tak suka tarikan belakang, tersedia opsi penggerak all-wheel drive (AWD).

Varian yang lebih eksklusif yakni “Speciale” muncul di tahun 2002. Selain diimbuhi bodykit Modelista, mesin dan suspensi juga diupgrade.

Baca juga :  Konversi EV Bikin Nissan Skyline GT-R R32 Panjang Umur

Nissan Gloria (1999-2004)

Mesin: V6 3.0L N/A 276 hp/307 Nm
0-100 km/jam: 6,4 detik

Dari brand Nissan ada sedan kelas premium Gloria generasi 1999-2004. Nissan Gloria hanya beredar di Jepang dan jauh lebih menggairahkan dibandingkan sedan Nissan Maxima yang ada di AS.

Nissan Gloria

Meskipun muknya tidak menggairahkan, tapi dibekali tiga opsi mesin legendaris. Mulai dari versi 6-silinder segaris 2.5-liter turbo RB25DET, lalu naik kelas ke versi V6 3.0-liter turbocharged VQ30DET. Mesin yang paling bertenaga yakni V6 3.0-liter VQ30DD.

Toyota Aristo Vertex Edition (1997)

Mesin: I6 3.0L twin-turbo 276 hp/303 Nm
0-100 km/jam: 6 detik

Generasi kedua sedan empat pintu Toyota Aristo pertamakali beredar di Jepang pada tahun 1997. Tampilannya masih mirip Aristo generasi peralihan, hanya saja platformnya sudah beda versi. Overhang depan dan belakang lebih pendek.

Karena posisi mesin lebih mundur, distribusi bobot pun jadi lebih berimbang. Handling kemudi saat manuver pun lebih stabil.

Mesin 6-silinder 3.0-liter 2JZ yang dibopong tersedia opsi twin-turbo seperti generasi sebelumnya. Ini adalah generasi Aristo terakhir sebelum muncul sedan Lexus GS yang digandrungi di Amerika Serikat.

Mitsubishi Galant VR-4

Mesin: V6 2.5L twin-turbo 280 hp/363 Nm
0-100 km/jam : 6 detik

Galant VR 4 generasi Eterna mungkin  sudah banyak yang paham. Generasi yang kami tampilkan muncul di tahun 1996, satu era dengan Lancer Evo IV.

Mitsubishi Galant V6 VR4

Di Indonesia dijuluki Galant ‘Paus’. Mesin sudah pakai versi V6 2.5-liter twin-turbo yang lebih besar dari versi sebelumnya, plus gerak empat roda. Suspensi dan rem pun direvisi.

Untuk mengimbangi performanya yang besar agar hidung tak mendongak, Galant V6 VR-4 dibekali fitur Active Yaw Control dari Mitsubishi Lancer Evolution IV.

Baca juga :  Lima Mobil Baru Dengan Teknologi Elektrifikasi Untuk 2025

Mitsubishi Carisma GT

Mesin: I4 2.0L turbo 280 hp/379 Nm
0-10 km/jam: 4,8 detik

Sebelum model Lancer Evo resmi beredar di sejumlah negara kawasan Eropa, hanya ada Mitsubishi Carisma GT. Tampilan dan spek teknis mobil Euro-spec ini sama dengan Lancer Evolution VI dan VII, cuma beda label.

Mitsubishi Carisma GT, Evolution versi Eropa

Tak cuma tersedia versi reguler spek jalan raya, tapi juga ada versi yang langka dan most wanted. Salah satunya yakni Tommi Mäkinen Edition, sebagai kado kemenangan Tommi Mäkinen yang jadi juara dunia WRC untuk keempat kalinya.

Varian reguler yang cukup langka yakni Carisma GT RS2. Versi semi kompetisi untuk para pebalap privateer ini bobotnya lebih ringan. Performanya pun lebih besar serta dilengkapi LSD.

Toyota Mark X Supercharger 300G S Package

Mesin: V6 2.5L supercharger 319 hp/379 Nm
0-100 km/jam: –

Sedan premium ukuran sedang yang satu ini mungkin Anda pernah melihatnya di jalan raya Tanah Air. Ya, sedan Toyota Mark X.

Toyota Mark X Supercharger

Logo huruf “X” di tengah grillenya sangat khas, sehingga sepintas mata mobil ini mudah dikenali. Alternatif dari sedan Camry ini diproduksi pada periode 2004 hingga 2019. Pada awalnya memang hanya beredar di Jepang.

Toyota Astra Motor pernah memasarkan sedan Toyota Mark X di Indonesia pada tahun 2012. Jumlah yang beredar sangat terbatas, hanya beberapa ratus unit dengan harga Rp 595 juta OTR pada saat itu.

Tapi versi paling perkasa justru adalah Toyota Mark X generasi pertama yang berlabel “Supercharger”. Mesin V6 2.5-liter supercharged-nya bertenaga 315 hp dengan torsi 412 Nm bikin tergiur.

Popularitas dan minat pasar yang menurun membuat Toyota terpaksa menghentikan produksi sedan Mark X pada Desember 2019. 

 

5 1 vote
Article Rating

Subscribe
Notify of
0 Comments
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x