Berkendara Jauh di Malam Hari Perlu Ada Langkah Khusus

24 January 2023 | 12:08 pm | Aldi Prihaditama

Kondisi tubuh yang fit merupakan salah satu faktor penting saat berkendara karena berkaitan dengan keselamatan. Terlebih untuk yang berencana maupun yang terbiasa berkendara mobil di malam hari, Anda wajib memperhatikan kondisi fisik maupun mobil.

Bagi yang berencana untuk berkendara di malam hari menggunakan mobil, sebaiknya simak terlebih dahulu artikel ini. Karena di sini kami punya tips bermanfaat untuk Anda. Berikut ini kami sudah merangkum beberapa tips untuk Anda yang ingin mengendarai mobil di malam hari. Simak tipsnya agar berkendara lebih nyaman dan tenang.

Lakukan Persiapan

Tips yang pertama yaitu melakukan persiapan dengan latihan. Namun sebelum itu, pastikan Anda tidur di siang hari 2 hari sebelum melakukan perjalanan jauh di malam hari. Mulailah latihan beraktivitas di malam hari. Latihan ini akan membantu Anda agar tetap fokus saat mengendarai mobil, karena mengendarai mobil di malam hari membutuhkan fokus yang lebih tinggi.

Pastikan Kondisi Fisik Bugar dan Sehat

Berkendara di malam hari hanya jika tubuh Anda sedang prima atau sehat. Selain itu, pastikan Anda melakukan latihan beraktivitas di malam hari beberapa hari sebelumnya. Jika diperlukan, silahkan Anda minum multivitamin untuk membantu badan tetap fit. Selain itu, jaga kualitas tidur dengan tidur di siang hari sebelum berangkat di malam hari.

Baca juga :  Harus Bijak Pakai Lampu Hazard!

Selalu Jaga Jarak

Jaga jarak aman dengan kendaraan lain yang ada di depan. Hal ini juga berlaku di siang hari, namun di malam hari harus lebih waspada lagi. Lampu mobil tidak bisa mengimbangi cahaya matahari di siang hari. Artinya terkadang menggunakan lampu saja belum cukup dalam kondisi tertentu. Itulah kenapa Anda harus menjaga jarak dengan kendaraan untuk mencegah timbulnya kecelakaan.

Pastikan Kondisi Lampu Mobil Optimal

Pencahayaan mobil di malam hari sangat penting, khususnya bagian lampu utama. Pastikan lampu depan mobil Anda masih layak untuk digunakan. Jika lampu tersebut bermasalah, kami menyarankan untuk menggantinya sebelum berkendara mobil di malam hari. Meskipun lampu headlamp ini sangat penting, namun tidak disarankan untuk menggunakan bohlam yang dimodifikasi berlebihan. Gunakanlah lampu standar pabrikan dan sesuai peraturan dari pemerintah.

Periksa Kondisi Mobil

Selain kesehatan tubuh, Anda juga harus mengecek kondisi mobil sebelum bepergian. Lakukan servis terlebih dahulu sebelum Anda menggunakannya untuk perjalanan jauh di malam hari. Jangan lupa untuk cek kondisi mobil secara berkala, dan pilihlah bengkel resmi saja untuk melakukan servis rutin.

Tidak Perlu Terlalu Kencang

Kondisi jalan di malam hari biasanya lebih lenglang daripada di siang hari. Meski begitu, Anda tidak perlu ngebut saat berkendara. Tetap jaga kecepatan sesuai dengan batas maksimal peraturan pemerintah. Memacu kendaraan dengan kecepatan yang tidak terlalu cepat juga bisa memberikan kesempatan pada pengendara untuk bereaksi jika ada hal yang tidak diinginkan terjadi. Dengan begitu, keselamatnan pun lebih terjamin.

Baca juga :  iMOTO VISION.ev Punya Misi Inovatif

Istirahat Jika Tubuh Sudah Mulai Lelah

Cari tempat terdekat untuk beristirahat jika badan Anda sudah terasa lelah dan mengantuk. Pilih rest area yang nyaman untuk memulihkan kondisi fisik. Ambil waktu istirahat 2 hingga 3 jam sebelum melanjutkan perjalanan. Jika dirasa sudah sangat lelah, Anda juga bisa mencari penginapan terdekat untuk istirahat. Kemudian Anda bisa melanjutkan perjalanan keesokan harinya.

Menjaga kesehatan fisik dan mesin saat berkendara mobil di malam hari, terutama untuk perjalanan jauh sangat penting. Dengan tubuh dan kendaraan yang prima, Anda bisa melakukan perjalanan dengan nyaman.

0 0 votes
Article Rating

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x