Bukan Mobil, Ini Yang Pernah Dibuat Oleh Pabrikan Otomotif Dunia

31 December 2022 | 3:31 pm | Indra Alfarisy

Tidak semua pabrikan otomotif seperti sekarang. Masa lalu mereka kadang tidak ‘nyambung’ dengan apa yang Anda lihat sekarang. Mulai dari pembuat mesin tenun, kulkas, payung sampai jasa konstruksi dilakoni sebelum membuat dan menjual kendaraan.

Perusahaan Konstruksi

Hyundai Pony

Sebelum jadi pabrikan mobil raksasa seperti sekarang, Hyundai didirikan sebagai perusahaan konstruksi pada 1947. Namanya Hyundai Engineering and Construction Company. Hyundai Motor Company, yang membuat mobil, baru berdiri tahun 1967. Produk pertamanya adalah mobil rebadge Ford Cortina. Mobil hasil karya mereka sendiri hadir tahun 1974 bernama Hyundai Pony, namun kelahirannya juga dibantu oleh Mitsubishi.

Pembuat Sespan

Swallow SS1

Veteran perang dunia pertama asal Inggris, William Walmsley dan William Lyons adalah penggila sepeda motor. Usai perang, keduanya mendirikan pabrik sidecar (sespan) Swallow Sidecar Company di kota Blackpool, Inggris. Usaha ini rupanya sukses sampai harus mencari tempat yang lebih besar di Coventry.

Jenuh, mereka akhirnya memutuskan membuat karoseri mobil. Klien utamanya Fiat, Austin dan pabrikan mobil bernama Alvis. Usaha ini juga sukses. Jenuh dan ingin terus berinovasi, mereka akhirnya bikin mobil sendiri. Namanya SS1 dan muncul pertama di London Auto Show 1931. Empat tahun kemudian, perusahaan ini ganti nama menjadi Jaguar.

Perusahaan Sakit Hati

Lamborghini 350 GT

Seorang pembuat traktor sukses membeli Ferrari. Karena tidak puas dengan beberapa komponennya, ia komplain langsung kepada Enzo Ferrari. Sayang, urusan memelihara hubungan baik dengan konsumen sepertinya tidak ada di benak pembuat mobil eksotis itu. “Tahu apa kamu pembuat traktor soal mobil sport?” mungkin begitu ucapan Ferrari.

Baca juga :  Begini Cara Kerja Teknologi Baru di Yamaha NMAX TURBO

Merasa sakit hati, pengusaha traktor bernama Ferruccio Lamborghini lantas balik ke pabriknya, dan minta salah seorang mekanik memeriksa mobil tersebut. Terkejut, karena komponen kopling yang dipakai sama seperti yang ada di traktor Lamborghini. Tapi harga yang terpasang di mobil mahal sekali. Ferrucio pun bertekad untuk bikin mobil sendiri. Lahirlah Automobili Lamborghini pada tahun 1963. Produk pertamanya Lamborghini 350 GT.

Dari Hulu ke Hilir

Mitsubshi Model A

Perusahaan perkapalan bernama Tsukumo Shokai berdiri tahun 1870 di Jepang. Didirikan oleh Iwasaki Yataro. Tiga tahun kemudian, namanya berubah jadi Mitsubishi. Usaha perkapalan ini sangat sukses sehingga untuk mendukung jalannya usaha, mereka menyediakan sendiri apa yang diperlukan. Batu bara untuk kapal? Punya tambangnya sendiri. Untuk pemeliharaan, galangan kapal juga punya. Bahan baku baja untuk membuat kapal juga disediakan oleh pabrik sendiri. Karena semua dilakukan sendiri, mereka jadi punya pengetahuan yang luas. Bahkan sampai bisa bikin pesawat.

Tahun 1917, Mitsubishi memperkenalkan Model A. Mobil yang produksi pertama mereka, jiplakan dari Fiat Tipo 3. Dan yang menarik, ini dibuat oleh Mitsubishi Shipbuilding Co. Perusahaan yang bikin kapal. Mitsubishi lantas menyatukan (merger) perusahaan pembuat kapal dan pesawat terbang menjadi Mitsubishi Heavy Industry (MHI). Salah satu fokusnya adalah bikin mobil. Ternyata bisnis ini berkembang pesat, sehingga MHI harus membuat anak perusahaan baru, Mitsubishi Motors Corporation. Hingga sekarang.

Baca juga :  Harus Bijak Pakai Lampu Hazard!

Usaha Keluarga Memproduksi Kebutuhan Rumah Tangga

Peugeot

Garam, merica dan gilingan kopi adalah produk pertama yang dibuat oleh sebuah keluarga di Perancis. Kemudian berkembang jadi membuat payung dan sepeda. Mencoba peruntungan lain, Armand Peugeot dan rekannya Leon Serpollet kemudian membuat mobil pertama mereka. Mobil roda tiga dengan penggerak mesin uap, hadir 1889. Sekarang, lihat saja sebesar apa perusahaan Peugeot.

Pembuat Mesin Tenun

Suzulight

Anak seorang petani kapas di Jepang membuat mesin tenun otomatis yang memudakan proses penenunan. Mesin ini banyak disukai sehingga ia lantas melakukan ekspor. Nama anak itu adalah Michio Suzuki. Dari usaha tersebut, tahun 1937 ia menyadari banyak orang memerlukan mobil. Proses riset dan pengembangan sempat terhenti karena perang, tahun 1955 Michio dan timnya berhasil membuat Suzulight, mobil penumpang ukuran kecil yang menandakan Suzuki mulai memasuki kancah persaingan membuat kendaraan roda empat. Motornya? Itu lebih awal lagi. Tahun 1953 mereka memperkenalkan Diamond Free. Sepeda yang dipasangkan mesin 60 cc.

Pembuat Mesin Tenun (2)

Toyota AA

Michio Suzuki bukan satu-satunya yang punya ide untuk membuat dan ekspor mesin tenun. Sebelum punya divisi otomotif, Sakichi Toyoda juga produsen mesin tenun otomatis pada tahun 1924. Nama perusahaannya Toyoda Automatic Loom Works. Namun putranya, Kiichiro Toyoda punya ide berbeda: Mobil. Kiichiro menjelajahi Amerika dan Eropa untuk melihat bagaimana produksi dan pemasaran sebuah mobil. Tahun 1936 lahirlah Toyota AA, mobil penumpang pertama mereka. Kenapa Toyota, bukan Toyoda? Menurut beberapa sumber, dalam huruf Kanji, simbol Toyota dibuat dalam delapan tarikan. Delapan adalah angka keberuntungan. Pabrikan otomotif Toyota Motor Company lahir 1937 tumbuh besar seperti sekarang.  

Baca juga :  Mini Evolution Bertampang Klasik, Berjantung Ecoboost

Jualan Kulkas

Geely

Tahun 1986, pria bernama Li Shufu asal Tiongkok memulai usaha membuat dan memasarkan kulkas. Modalnya ia pinjam dari keluarga. Sukses, usahanya berkembang. Ia lantas mengembangkan sayap ke sektor otomotif. Bikin mobil sendiri bernama yang bentuknya tidak bisa dibilang bagus berbasis Daihatsu Charade. Itu terjadi tahun 1998. Kegigihan Li Shufu terus memberikan hasil positif, sekarang perusahaan pembuat kulkas bernama Geely itu mengusai pabrikan otomotif besar seperti Volvo, Lotus, Proton, Smart, Zeekr dan lainnya. 

5 1 vote
Article Rating

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x