Cara Ampuh Hilangkan Baret Pada Cat Kendaraan Kesayangan

2 August 2023 | 12:30 pm | Aldi Prihaditama

Aktivitas harian tentu tak terlepas dari mobilitas yang tinggi, termasuk tuntutan untuk tetap produktif ke luar rumah yang memungkinkan mobil dapat tersenggol kendaraan lain atau bahkan tersenggol badan jalan, dikarenakan padatnya jalan di Indonesia yang dapat berdampak merusak lapisan cat kendaraan.

Berdasarkan data yang dihimpun hingga akhir tahun 2022 indeks kemacetan di DKI Jakarta berada di angkat 48 persen. Angka tersebut naik drastis dari tahun 2020 yang berada di angka 34 persen. Sementara 2019, kemacetan mencapai angka 53 persen.

Hal tersebut terus sejalan dengan temuan data bahwa jumlah kendaraan di Indonesia terus mengalami pertumbuhan dari tahun ke tahun. Menurut data Kepolisian Republik Indonesia mencatat angka kendaraan yang teregistrasi per 30 Juli 2023 mencapai 156.668.635 unit. Jumlah tersebut melampaui lebih dari setengah populasi Indonesia yang mencapai 276 juta jiwa.

Karena mobilitas yang tinggi, terkadang situasi seperti tersenggolnya kendaraan kesayangan dengan pengemudi lain, dapat mengakibatkan rusaknya cat bodi kendaraan. Oleh karena itu sebaiknya langsung memberikan perawatan yang tepat guna menjaga tampilan kendaraan selalu prima. Berikut beberapa tips melakukan perawatan bodi mobil khususnya pada cat kendaraan, yang bisa Anda aplikasikan di rumah:

Menghilangkan baret dengan kompon

Memudarkan baret mobil dengan ini merupakan salah satu cara yang paling mudah digunakan, krim pasta yang terkandung di dalamnya dapat membersihkan goresan bodi yang bekerja dengan cara mengikis lapisan cat hingga tidak terlihat. Ketika terdapat baret yang ringan. Anda dapat menggunakan jenis kompon berwarna putih karena kompon ini memiliki daya kikis yang sangat kuat.

Baca juga :  Donasi Ratusan Mesin Wuling Untuk SMK dan Universitas

Menggunakan pasta gigi

Pasta gigi merupakan bahan yang paling mudah dicari, tidak hanya berfungsi untuk membersihkan gigi, kandungan yang ada di dalamnya juga bisa membersihkan baret yang ada di bodi mobil. Sebelum menggunakan pasta gigi, pastikan terlebih dahulu mobil Anda dalam keadaan bersih.

Menggunakan wax atau cairan pembersih

Menghilangkan baret dengan menggunakan tipe wax hanya dapat dilakukan jika goresan yang terjadi merupakan goresan halus. Terdapat dua jenis tipe wax, yaitu tipe wax dalam bentuk padat dan cair. Wax cair dapat membuat goresan terlihat lebih samar karena bahannya yang bersifat abrasif. Sedangkan untuk wax padat tidak memiliki kandungan bahan abrasif, jadi aman untuk Anda gunakan.

Mengecat ulang bodi kendaraan

Saat ingin mengecat ulang kendaraan secara sendiri, Anda perlu berhati-hati karena hal ini bukan sesuatu yang mudah. Sebaiknya pengecatan kendaraan dilakukan di bengkel, namun bukan berarti tidak bisa dilakukan di rumah. Anda perlu mempersiapkan segala kebutuhan, baik peralatan maupun tempat yang bersih.  

4.5 2 votes
Article Rating

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x